Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pola Pikir Entrepreunership

Pola Pikir Entrepreunership - Pola pikir entrepreunership berkarakter produktif, bukan konsumtif. Dia selalu berusaha mencari cara baru untuk meningkatkan utilitas sumber daya secara efisien.
 
Pola Pikir Entrepreunership

Dia selalu mencari alternative bila sumber daya yang ada terbatas. Dia cenderung job creator daripada sekedar job seeker. 

Semua karakter tersebut di sebabkan oleh jumlah total pola pikir yang positif, kreatif, keuangan, dan pola pikir yang di milikinya. 

Pola pikir produktif bisa ditumbuhkan apabila kita memahami dan menghargai kelimpahan maupun keterbatasan yang ada. 

Dengan pola berpikir produktif, semua hambatan akan di ubah menjadi peluang untuk meminimalisasi ancaman, dan semua kekuatan akan menjadi suatu kesempatan untuk lebih di kembangkan kesempatannya.

Kreatifitas Financial Entrepreunership

Kunci kesuksesan transformasi dari perjuangan finansial hingga menuju pada kondisi kebebasan finansial sebagaimana konsep transformasi Cashflow Quandrant nya Kiyosaki tergantung pada kecerdasan finansial anda. 

Untuk mencapainya di perlukan kreativitas finansial. Kreativitas finansial berusaha merubah mindset yang ada pada diri kita masing-masing mengikuti pola pikir manusia sejahtera yang efisien dan sesuai konsep ekonomis.

Kreativitas secara finansial dalam kenyataannya merupakan ketersediaan untuk berpindah dari zona nyaman menuju zona baru yang penuh tantangan.

Seseorang yang kreatif akan mampu melakukan perpindahan tersebut dengan perhitungan yang matang sehingga menghasilkan zona baru yang lebih nyaman pada masa depan dengan mengorbankan kenyamanan hari ini .

Berfikir Kreatif

Menurut Teodore Levit, kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir yang baru dan berbeda. Menurut Levit, kreativitas adalah berpikir sesuatu yang baru (thinking new thing), oleh karena itu menurutnya kewirausahaan adalah berpikir dan bertindak sesuatu yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.

Bagi seorang usahawan, kreativitas adalah modal yang sangat penting. Dengan kreativitas usahawan mampu keluar, melihat dan menangkap peluang dan kreativas juga berguna untuk memenangkan persaingan.

Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar.

Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu. Justru seringkali ide-ide jenius yangmemberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil.

Kreativitas menjadi sangat penting bagi usahawan karena :
  • Wirausaha yang kreatif dapat meluncurkan produk yang belum pernah dibuat sebelumnya. Anda bisa memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat dengan memperkenalkan produk atau jasa baru yang terus menerus diperbaharui. Anda tidak harus jadi penemu (inventor) tetapi sebagai wirausaha, anda menjembatani penemu itu dengan pasar.
  • Manusia yang kreatif bukanlah peniru, melainkan pemimpin. Pemimpin pasar adalah orang yang disegani dan selalu menjadi benchmark.
  • Firsy mover advantage. Manusia yang kreatif akan memiliki keunggulan sebagai first mover.
  • Kreativitas juga berarti mencari cara atau jalan keluar baru, membuka terobosan-terobosan dan menciptakan perbedaan-perbedaan yang menonjol dan disukai pasar.
  • Manusia kreatif yang dapat lolos dari bencana dan kerugian. Kreativitas mampu menembus pintu-pintu baja kesulitan.
  • Kreativitas menghubungkan titik-titik yang berpisah dan terisolasi. Kreativitas itu selalu beranjak dari sebuah ide yang muncul dari pengamatan terhadap keadaan sehari-hari disekeliling kita. Misalnya saja, pada awal tahun 1980an ada seorang pegawai PT.Pertamina yang melihat banyak orang asing yang tidak berani minum dari air keran di hotel di Indonesia. Padahal di luar negeri air keran bisa langsung diminum. Setelah pensiun Tirto Oetomo segera membangun usaha air yang layak diminum dalam kemasan yang sasaran awalnya adalah orang asing yang berkunjung ke Indonesia. Air dalam kemasan buatannya dikenal sebagai air minum dalam kemasan terbesar di Indonesia yaitu Aqua, dengan kreativitasnya , aqua berhasil menggantikan ceret yang biasa dipakai di rumah dan konsumen dapat langsung mengkonsumsi tanpa harus memasaknya terlebih dahulu. Aqua sekarang menjadi perusahan besar, itu semua dimulai dari manusia kreatif yang melihat celah di pasar dan mau mengkomersialisasikannya dan menanam resiko.
  • Orang dewasa yang tidak kreatif. Dengan otak yang sehat, kita dapat berfikir kreatif sehingga timbul gagasan dan terobosan yang inovatif. Penurunan tingkat kreativitas sejalan dengan keinginan mencari aman. Maka, semakin tua seseorang manusia semakin cenderung menghindari resiko dan ingin menjalani hal-hal yang aman dan ingin menjalani hal-hal yang aman saja (status quo).
  • Pembuka Pintu Kesulitan. Kreativitas di bagi kw dalam tiga unsur, yaitu melihat dengan sudut pandang (perspektif) yang baru, menemukan hubungan yang baru, atau membentuk kombinasi baru dari objek, konsep atau fenomena. Ide yang ideal dan bermanfaat adalah pikiran yanf terarah pada invensi (pengembangan gagasan). Inovasi (mengubah gagasan menjadi produk), dan paten (proteksi produk). Pemunculan ide sebagai jiwa dari kreativitas membutuhkan suatu fokus pemikiran konsentrasi. Dengan fokus dan konsentrasi. Anda dengan cepat memilah dan memilih mana informasi dan aktivitas yang mendukung ide dan mana yang enak. Dengan menfokuskan diri pada hak-hak yang mendukung serta mengabaikan semua yang tidak mendukung, ide yang anda gagas tersebut akan dapat berkembang dan mampu menghasilkan nilai kreativitas.

Sumber:
Latief, J. (2017). Buku Ajar Kewirausahaan (Kiat Sukses Menjadi Wirausaha).

Post a Comment for "Pola Pikir Entrepreunership"