Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan - Identifikasi kebutuhan pelanggan diperlukan agar dapat tercipta produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehingga dapat diterima pasar.

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Dalam kaitan dengan keinginan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, diperlukan pula penilaian kebutuhan yang berarti kebutuhan-kebutuhan di setiap segmen dan menilai seberapa baik kemampuan pesaing untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Pada saat perusahaan mampu menilai hal ini, maka perusahaan tersebut dapat membedakan dirinya dari pesaing. Penilaian kebutuhan terdiri dari atribut produk yang bersifat berwujud dan tidak berwujud dan merepresentasikan keinginan pelanggan.

Memahami kebutuhan pelanggan di setiap segmen pasar akan membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan dan dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh keunggulan bersaing. 

Kebutuhan di setiap pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut.
  • Kebutuhan terhadap produk atau jasa, merupakan atribut dari produk atau jasa, seperti harga, kualitas, dan tingkat kastemisasi yang diinginkan.
  • Kebutuhan terhadap sistem pengiriman, merupakan atribut proses dan sistem pendukung untuk mengirimkan/menyerahkan produk atau jasa seperti ketersediaan, kenyamanan, kesopanan, keamanan, kecepatan pengiriman, dan ketergantungan pengiriman.
  • Kebutuhan terhadap volume, merupakan atribut permintaan produk atau jasa seperti volume tinggi atau rendah, tingkat variabilitas volume, serta tingkat volume yang dapat diprediksi.
  • Kebutuhan lainnya, merupakan atribut-atribut lain yang tidak secara langsung berkaitan dengan operasi, seperti reputasi, berapa lama berada dalam bisnis tertentu, dukungan purna jual, sistem akuntansi yang akurat dan reliabel.

Proses identifikasi kebutuhan pelanggan merupakan bagian yang terintegrasi dengan proses pengembangan produk. Proses identifikasi kebutuhan sekunder dan tersier diekspresikan secara lebih terperinci.

Prosedur mengorganisasikan kebutuhan menjadi daftar hierarki merupakan proses yang intuitif, dan banyak tim yang dapat menyelesaikan tugas seperti ini dengan baik tanpa adanya petunjuk yang d etail.

Post a Comment for "Identifikasi Kebutuhan Pelanggan"