Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkah Laku Ternak Ayam Saat Mempertahankan Diri

Tingkah Laku Ternak Ayam Saat Mempertahankan Diri - Tipe tingkah laku ini meliputi perkelahian, terbang dan reaksi-reaksi yang berhubungan dengan konflik.

Tingkah Laku Ternak Ayam Saat Mempertahankan Diri

Saat tingkah bertarung (Agostik Behaviour) ayam dapa dilihat sebagai berikut:
  • Meliputi tingkah laku menyerang (attack), melarikan diri (escape), menghindar dari bahaya (avoiding) dan kalah dalam bertarung (submissive)
  • Tingkah laku menyerang meliputi menyerang (fighting), memimpin kelompok (pecking) dan mengancam (threatening)
  • Bila sekelompok ayam dimasukkan ke dalam kandang akan terjadi perkelahian, pemenang berhak mematuk yang kalah (peck order)
  • Betina mempunyai dua peck order
  • Saling mematuk dimulai pada umur 16 hari
  • Kelompok yang berbeda umur jangan disatukan karena umur yang lebih tua akan dominan
  • Menjelang disapih anak ayam satu induk akan berkelahi dan yang menang akan dominan, prioritas dalam setiap kesempatan terutama makan sehingga pertumbuhan tidak seragam
  • Tingkah laku sosial disini mungkin biasa didefinisikan sebagai beberapa perilaku hewan yang disebabkan atau dipengaruhi oleh hewan lainnya pada spesies yang sama atau bisa juga tidak sama. Sedangkan organisasi sosial bisa diartikan kesatuan dari individu-individu tersebut mengintegrasikan sendiri secara jujur dan baik dan menjadikan kelompok tersendiri yang konsisten dan berdasarkan pada kebebasan dari respon masing-masing individu tersebut terhadap yang lainnya.

Selanjutnya, pada ayam terdapat tingkatan sosial atau kasta yang biasa disebut peck order. Bila tingkatan sosial ini telah dicapai pada suatu kelompok, maka kandang itu akan menjadi tenang dan aman. 

Beberapa faktor yang berpengaruh pada tingkatan sosial ayam ini adalah: umur, pengalaman, ukuran, berat, dan keagresifan.

Hal ini berhubungan dengan perubahan tingkah laku sosial dan kepadatan populasi yang mungkin berpengaruh pada pertumbuhan, tampilan produksi, dan reproduksi dengan beberapa tipe rangsangan dari lingkungan. 

Pada ayam banyak yang menyebabkan stress misalnya karena panas atau dingin, kekurangan makanan dan air, banyaknya populasi, kekurangan ruang gerak, penyakit dan kompetisi sosial.

Ayam yang dipelihara pada kandang secara bergerombol (flocks) dengan jelas terdapat perbedaan hubungan sosial diantaranya. 

Beberapa penelitian menunjukkan karakteristik tingkah laku dari ayam tersebut. Salah satu tingkah laku sosial tersebut adalah peck order atau tingkatan sosial dalam kelompok ayam yang sejenis dimana yang kuat mendominir yang lemah.

Peck order terlihat dengan tampaknya sebagian kecil dari ayam yang bergerombol menyendiri pada sisi kandang. 

Jika terjadi persaingan diantara kelompok ayam, maka ayam yang memiliki tingkatan sosial lebih rendah akan menghindar dari ayam yang mempunyai tingkatan sosial lebih tinggi, sehingga terjadi pengelompokan ayam antara tingkatan sosial pemenang dan yang kalah. 

Begitu juga pada ayam jantan yang ditempatkan pada komunitas yang baru, jika tidak bisa memenangkan persaingan sosial di dalamnya, ayam itu bisa mengalami kematian.

Pada tingkah laku pakan, ayam yang mempunyai tingkatan sosial lebih tinggi akan mempunyai kesempatan lebih dahulu menikmati pakan dibanding dengan yang tingkatan sosial lebih rendah. 

Ayam jantan akan lebih banyak mengkonsumsi pakan dibanding dengan ayam betina, karena tingkatan sosialnya lebih tinggi dibanding betina.

Post a Comment for "Tingkah Laku Ternak Ayam Saat Mempertahankan Diri"