>

Jenis-Jenis Pakan Alami Dalam Budidaya Ikan

Jenis-Jenis Pakan Alami Dalam Budidaya Ikan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Jenis-Jenis Pakan Alami Dalam Budidaya Ikan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Jenis-Jenis Pakan Alami - Apakah pakan alami itu? Sebelum membicarakan pakan alami perlu dipahami arti katanya. Pakan merupakan peristilahan yang digunakan dalam dunia perikanan yang mempunyai arti makanan. 
Jenis-Jenis Pakan Alami Dalam Budidaya Ikan

Alami menurut arti katanya adalah sesuatu yang berasal dari alam. Oleh karena itu, pakan alami adalah pakan yang dikonsumsi oleh organisme yang berasal dari alam. Pakan alami merupakan salah satu jenis pakan ikan hias dan ikan konsumsi air tawar, payau, dan laut. 

Pakan alami adalah pakan yang disediakan secara alami dari alam dan ketersediaannya dapat dibudidayakan oleh manusia, sedangkan pakan buatan adalah pakan yang hanya dibuat oleh manusia dengan menggunakan beberapa bahan baku dan formulasi pakannya disesuaikan dengan kebutuhan ikan.

Pakan alami yang dapat dibudidayakan dan banyak terdapat di alam dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu phytoplankton, zooplankton, dan benthos. 

Phytoplankton adalah organisme air yang melayang-layang mengikuti pergerakan air dan berupa jasad nabati. Dalam siklus hidupnya phytoplankton melakukan proses fotosintesa dan berukuran kecil yaitu terdiri dari satu sel atau beberapa sel. 

Bentuk phytoplankton antara lain oval, bulat dan seperti benang. Phytoplankton yang hidup di dalam perairan ini akan memberikan warna yang khas pada perairan tersebut seperti berwarna hijau, biru atau cokelat. Hal ini dikarenakan di dalam tubuh phytoplankton terdapat zat warna atau pigmen.

Jenis pakan alami yang kedua adalah zooplankton yaitu organisma air yang melayang-layang mengikuti pergerakan air dan berupa jasad hewani. 

Jenis zooplankton yang biasa digunakan sebagai makanan larva atau benih ikan/udang/ikan hias dan sudah dapat dibudidayakan secara massal.

Jenis pakan alami yang ketiga yang dapat diberikan kepada ikan hias, larva, dan benih ikan/udang/ikan hias adalah benthos. Benthos adalah organisma air yang hidupnya di dasar perairan. 

Benthos yang biasa dimanfaatkan dan dapat dibudidayakan sebagai makanan ikan antara lain cacing rambut atau tubifek dan larva Chironomus sp.

Ciri-ciri benthos secara umum:
  • Berwarna merah darah karena banyak mengandung haemoglobin.
  • Berbentuk seperti benang yang bersegmen-segmen.

Berdasarkan media tumbuhnya pakan alami dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu pakan alami air tawar dan pakan alami air laut. 

Jenis pakan alami air tawar yang sudah banyak dibudidayakan antara lain Moina, Daphnia, Brachionus, Tubifek, sedangkan jenis pakan alami air laut yang sudah dibudidayakan adalah jenis-jenis phytoplankton, Brachionus, dan Artemia salina.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Jenis-Jenis Pakan Alami Dalam Budidaya Ikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel