>

Peranan Ternak Sebagai Sumber Pangan

Peranan Ternak Sebagai Sumber Pangan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Peranan Ternak Sebagai Sumber Pangan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Peranan Ternak Sebagai Sumber Pangan - Ternak dipelihara dan dibudidayakan manusia untuk diambil manfaatnya, salah satunya sebagai sumber pangan. 
Peranan Ternak Sebagai Sumber Pangan

Sebagai sumber pangan, peternakan menghasilkan produk utama berupa daging, telur dan susu. Produk-produk ini dikenal mempunyai keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan pangan nabati, yaitu pangan yang berasal dari tanaman. 

Produk asal ternak memiliki rasa relatif enak. Harganya juga relatif lebih mahal. Di masyarakat, terutama daerah pedesaan, masih ada kesan bahwa produk asal hewan adalah konsumsi untuk orang berada.

Hal lain yang lebih penting, produk asal peternakan diketahui mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Produk peternakan merupakan pangan sumber protein. 

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa makanan sumber protein hewani sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 

Bagi balita dan anak-anak, makanan berprotein diperlukan dalam perkembangan otak, kecerdasan dan kesehatan. Anak-anak yang cerdas adalah tumpuan harapan bangsa dan negara kita ini. 

Dengan anak-anak yang sehat dan cerdas, bangsa ini akan tumbuh menjadi bangsa yang maju, tidak ketinggalan teknologi dan kecanggihan pengetahuan dari bangsa lain di dunia.

Protein, diperlukan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak, untuk pertumbuhan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan. 

Bersama-sama dengan karbohidrat dan lemak berperan sebagai sumber energi untuk melakukan segala macam aktivitas kita sehari-hari. 

Itulah sebabnya pangan asal peternakan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui serta orang sakit yang berada dalam tahap penyembuhan.

Di dalam tubuh, protein berperan sebagai zat pembangun, zat pengatur dan sumber energi. Tubuh manusia tidak dapat menimbun protein sebagai cadangan. 

Oleh karena itu, tubuh manusia setiap hari membutuhkan protein dalam jumlah tertentu untuk aktivitas dan kesehatan tubuh.

Selain itu, sebagai pangan sumber protein, pangan asal peternakan mempunyai keunggulan bila dibanding pangan nabati. 

Pangan asal peternakan (hewani) mengandung semua unsur asam amino essensial secara lengkap, yaitu asam amino. Sekedar mengingatkan, asam amino essensial adalah asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. 

Untuk mencukupi kebutuhannya, tidak ada cara lain selain dengan memakan makanan yang mengandung asam amino essensial seperti telur, daging dan susu.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peranan Ternak Sebagai Sumber Pangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel