Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Wortel dengan Baik dan Benar

Menanam Wortel dengan Baik dan Benar - Wortel memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia dengan kandungan yang kaya akan vitamin A bahkan vitamin B dan Vitamin C membuat wortel menjadi pilihan konsumsi sehat di kalangan masyarakat.

Cara Menanam Wortel dengan Baik dan Benar

Tanaman wortel merupakan  salah satu jenis tanaman yang masuk pada varietas sayuran yang diambil bagian umbinya. 

Wortel sendiri memiliki warna yang khas dan menarik, tidak seperti sayuran pada umumnya yang memiliki warna umum yaitu hijau wortel sendiri memiliki warna oranye yang sangat terang dan sangat menggiurkan.

Wortel memiliki beberapa macam jenis yang dilihat berdasarkan perbedaan bentuknya. Apa saja? Mari kita bahas macam-macam jenis wortel berikut :

Chantenay, pada bagian ujung wortel jondong tumpul dan tidak meruncing, selain itu tidak memiliki akar serabut pada umbinya.

Imperator, jenis ini umbinya berbentuk bulat dan ukurannya cukup panjang memiliki jenis akar serabut dan ujung umbinya lancip.

Nantes, karakternya merupakan karakteristik gabungan kedua jenis sebelumnya yaitu Chantenay dan Imperator.

Untuk menghasilkan wortel yang berkualitas bibit yang akan dibudidayakan mentukan wortel yang dihasilkan. Oleh karena itu pilihlah bibit yang paling unggul dengan mempertimbangkan juga kemudahan dan keuntungan dalam membudidayakannya.

Setelah menentukan bibit unggulan maka selanjutnaya budidaya wortel sudah dapat dimulai. Berikut cara menanam wortel dengan cara baik dan benar.

Mempersiapkan Media Tanam

Wortel untuk dapat tumbuh maksimal  wortel harus  ditanam di tanah yang gembur dan kandungan haranya tinggi oleh karena itu, perlu dilakukan pengolahan tanah dengan dicangkul. 

Setelah dicangkul atau dibajak tanah harus diberi pupuk kompos atau pupuk kandang dengan jumlah pupuk yang dibutuhkan perhektar yang digunakan adalah 15 ton perhektar. 

Selain itu, pastikan juga ph tanah, ph tanah yang ideal untuk budidaya wortel yaitu ,5 jika belum mencapai tingkat keasaman tersebut dapat dilakukan upaya berupa penambahan dolomite atau kapur pertanian. Kedalaman ideal unutk larikan bekisar 5 sampai 6 cm dan jarak antar larikan bekisaran antara 20 cm

Dalam budidaya wortel media tanam yang digunakan adalah tanah atau lahan tanah. Lahan tanah yang ada di siapkan di lokasi tentu akan memeiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, untuk memenuhi syarat wortel maka terlebih dahulu harus dilakukan persiapan media tanam. Lahan yang cocok untuk budidaya atau penanaman wortel adalah lahan tanah pada dataran tinggi.

Penanaman Wortel

Penanaman wortel dapat dilakukan langsung tanam, dengan kata lain tidak melalui tahap proses persemaian terlebih dahulu dengan kata lain proses penanaman wortel tidak harus disemai. 

Petani dapat mendapatkan benih wortel dalam bentuk biji, karena benih wortel memiliki serabut yang membuatnya menempel, sebelum ditebarkan harus dilakukan pemisahan benih satu sama lain. 

Jika sudah terpisah maka taburlah benih pada larikan yang sudah disiapkan. Kemudian tutup kembali benih dengan tana hang sama seperti media tanam. Lakukan perawatan wortel secara intensif untuk memastikan kesuksesan tumbuh tanaman wortel.

Perawatan Tanaman Wortel

Dalam hal perawatan wortel yang pertama adalah pemupukan, pemupukan pada tanaman wortel dilakukan selain pada pengelolahan tanah tapi pemupukan dilakukan satu bulan setelah tanam. 

Pupuk yang diberikan merupakan pupuk urea dan pupuk ZA masing-masing dengan dosis 100 kg dan 200 kg per hektar.

Perawatan yang kedua dilakukan juga saat wortel berumur satu bulan maliputi penjarangan, penjarangan dilakukan agar wortel dapat tumbuh dengan leluasa tidak terbatasi pertumbuhannya. 

Perawatan lainya adalah pengairan yang dilakukan rutin setiap pagi dan sore setiap hari sesuaikan pengairan dengan usia dan kondisi cuaca. Dan selai itu juga pembersihan gulma atau rumput pengganggu.

Pemanenan Wortel

Saat pemanenan wortel dilakukan dengan mencabut hingga umbinya sampai wortel keluar dari tanah. Masa panen wortel dapat dipanen kurang lebih tiga bulan pemanenan. 

Setelah dipanen, cucilah wortel hingga bersih dan pisahkan wortel sesuai kualitas dan ukuran. Simpan wortel di lemari es dengan suhu yang dapat mempertahankan kesegaran wortel sebelum dipasarkan.

Post a Comment for "Cara Menanam Wortel dengan Baik dan Benar"