Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prospek Budidaya Lobster Air Tawar

Prospek Usaha Budidaya Lobster Air Tawar - Sebelum memulai usaha ternak atau budidaya setidaknya kita tahu peluang usaha atau Prospek Budidaya Lobster air tawar yang akan dijalani, apakah memiliki peluang yang bagus atau tidak. 

Prospek Budidaya Lobster Air Tawar

Memang, jika dibandingkan dengan udang air tawar lainnya seperti udang galah maupun udang windu, lobster air tawar lebih mudah dibudidayakan. 

Ini dapat dilihat dari teknik budidaya lobster air tawar yang diterapkan cukup sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja yang tertarik mengusahakannya. 

Lobster air tawar bisa dibudidayakan di akuarium maupun di kolam dan tidak dibutuhkan lahan yang luas. Sementara proses pembudidayaan udang windu atau udang galah membutuhkan teknik khusus dan lahan yang luas.

Kelebihan lain dari lobster air tawar yaitu spesisn ini mempunyai karakter yang tidak mudah stress dan tidak mudah terserang penyakit. 

Asalkan kebutuhan pakan, kualitas air, dan kebutuhan oksigen terpenuhi maka lobster dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat.

Jika dilihat dari kondisi lingkungan dan alamnya, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan budidaya lobster air tawar. Iklim dan siklus musim memungkinkan lobster dapat dibudidayakan sepanjang tahun. 

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman dari para pembudidaya lobster mengatakan bahwa lobster air tawar, terutama jenis cherax queensland dapat bertelur 4 – 5 kali dalam setahun.

Selain kondisi iklim yang sangat mendukung, sumber pakan alami bagi lobster tersedia cukup banyak di alam dan mudah diperoleh. Dengan pakan alami tersebut, lobster akan tumbuh dengan cepat.

Dengan potensi iklim yang mendukung dan sumber pakan alami cukup tersedia, besar kemungkinan bahwa Indonesia mampu menjadi salah satu Negara produsen utama sekaligus pemasok terbesar lobster air tawar di pasar internasional. 

Namun demikian, itu semua harus didukung oleh sumber daya manusia dan sistem pengelolahan yang baik.

Post a Comment for "Prospek Budidaya Lobster Air Tawar"