>

Peluang Bisnis Pertanian Kacang Panjang

Peluang Bisnis Pertanian Kacang Panjang
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Peluang Bisnis Pertanian Kacang Panjang, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Bisnis Pertanian Kacang Panjang - Tanaman kacang panjang dapat dengan mudah di tanam, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. 
Peluang Bisnis Pertanian Kacang Panjang

Syarat yang penting untuk pertumbuhan tanaman ini adalah tanah gembur, kandungan humus banyak, dan pH tanah antara 5,5 – 6,5. 

Selain itu tanahnya bersarang, namun lapisan tanahnya masih bisa menahan air dan banyak terkena sinar matahari. 

Waktu yang baik untuk menanam kacang panjang adalah saat awal atau akhir musim hujan. Tanaman inipun juga bisa ditanam pada saat musim kemarau, asalkan tersedia cukup air.

Budidaya kacang panjang sangat mudah dilakukan, tidak membutuhkan modal besar dan resiko kegagalan panennya pun kecil. 

Kacang panjang tergolong tanaman sayuran yang mengandung protein nabati cukup tinggi sehingga sangat mendukung peningkatan gizi masyarakat. 

Selain mengandung protein, kacang panjang juga mengandung karbohidrat, lemak, serat, kalsium, besi, fosfor, potasium, sodium, vitamin B1, vitamin  B2, vitamin C, dan niasin.

Di Indonesia kacang panjang merupakan salah satu mata dagang sehari-hari. Kacang panjang banyak diminati baik sudah berupa masakan maupun yang masih mentah yang biasanya sebagai pelengkap lalapan. 

Prospek peluang bisnis tanaman kacang panjang cukup menjanjikan, nampak dari beberapa tahun terakhir ini banyak permintaan baik dalam maupun luar negeri,  yang belum dapat terpenuhi. 

Selain untuk pemenuhan gizi, kacang panjang juga memiliki berbagai khasiat diantaranya sebagai antikanker, antibakteri, antioksidan, meningkatkan fungsi sel darah merah, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, sakit pinggang, dan lain sebagainya. 

Dengan demikian sayuran inipun mampu menarik perhatian konsumen yang mengerti akan nilai gizi dan kualitas makanan. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis pertanian kacang panjang? Berikut adalah cara budidaya hingga pemasarannya.

Cara Budidaya

Bibit kacang panjang yang baik dan bermutu adalah sebagai berikut: Penampilan bernas/kusam, daya kecambah tinggi di atas 85%, tidak rusak/cacat, tidak mengandung wabah hama dan penyakit. 

Untuk lahan seluas 1 hektar, menggunakan benih 10 kg. Benih yang akan ditanam direndam terlebih dulu selama sehari semalam. 

Esoknya dibuat lubang tanam dengan menggunakan tugal (alat tojok/bor). Satu lubang berisi 1-2 biji, tergantung jarak tanamnya. 

Jika jarak tanam dua biji 40cm x 60cm atau 40cm x x80cm. Kalau menanam satu biji satu lubang jarak tanamnya lebih sempit, yaitu 30cm x 50cm. 

Benih tidak usah disemaikan secara khusus, tetapi benih langsung tanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan.

Untuk pemberian pupuk, dapat menggunakan 2 macam jenis pupuk yaitu pupuk NPK berimbang dan pupuk cair. Aplikasi NPK sejak seminggu setelah tanam, berikutnya pemberian 25 hari sekali. 

Selanjutnya gunakan pupuk cair. Pupuk cair berfungsi untuk meningkatkan bobot buah. Pemberian pupuk cair sejak umur 20-25 hari setelah tanam. Aplikasi selanjutnya 15 hari sekali.

Pada fase awal pertumbuhan benih hingga tanaman muda, penyiraman dilakukan rutin tiap hari. Pengairan berikutnya tergantung musim.

Cara Panen

Cara panen pada tanaman kacang panjang tipe merambat dengan memotong tangkai buah dengan pisau tajam. Sedangkan untuk kacang pancang tipe tegak dengan cara mencabut/memotong pangkal batang tanaman setinggi 10-15 cm dari permukaan tanah.

Pengemasan

kacang panjang diikat dengan bobot maksimal 1 kg. Ikatan dikemas dalam karung goni yang berventilasi/dikemas dalam kantong plastik polytelyne. Alat angkut yang digunakan dapat dengan cara dipikul, menggunakan jasa kendaraan/alat transportasi lainnya.

Pemasaran

Pemasaran kacang panjang ini, dapat petani langsung yang menawarkan ke konsumen. Namun, jika hasil panen berlimpah pastinya petani membutuhkan perantara untuk hasil panennya dapat cepat sampai ke tangan konsumen yang lebih luas, seperti padagang pengumpul (tingkat desa), pedagang besar (tingkat kota), pedagang pengecer (tingkat supermarket). 

Para pedagang perantara sangat berperan besar dalam pemasaran kacang panjang, mengingat tidak semua informasi pasar dikuasai oleh petani. 

Disamping itu, peran pedagang perantara menguntungkan para petani karena dapat mengurangi biaya distribusi pemasaran. 

Dengan demikian, petani dapat berkonsentrasi penuh terhadap proses budidaya tanaman, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan produksi kacang panjang. 

Kualitas hasil panen sangat berpengaruh terhadap harga jual dan sasaran pemasarannya. Kacang panjang yang berkualitas baik, dapat di pasok ke supermarket bahkan sangat berpeluang untuk di ekspor.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Peluang Bisnis Pertanian Kacang Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel