Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memupuk Tanaman Jeruk

Tips Memupuk Tanaman Jeruk - Pada umumnya jeruk cocok ditanam pada tanah yang memiliki tekstur berat hingga ringan, terutama pada tanah-tanah laterit, tanah endapan atau tanah endapan yang agak cerul. 

Tips Memupuk Tanaman Jeruk

Berdasarkan sifat-sifat pupuk, seperti telah diuraikan didepan, maka sebelum melakukan pemupukan kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Mula-mula membuat lubang untung membenamkan pupuk, tepat dibawah mahkota tanaman jeruk dengan ukuran lebar sesuai dengan luas mahkota daun atau tajuk secara melingkar. 

Jika jarak tanam agak berdekatan, maka cara untuk melakukan pemupukan dapat menggunakan system saluran lurus. 

Baik sistem pemupukan melingkar maupun sistem saluran ini ukurannya sama, yakni lebar 30 cm dan kedalamannya 30 cm. 

Ukuran tersebut berlaku untuk tanaman jeruk dewasa yang sudah berproduksi. Sedangkan bagi tanaman jeruk yang masih remaja dan belum pernah berproduksi. 

Ukuran lubang pupuk harus dibuat lebih kecil, yakni lebar sekitar 10 – 15 cm dan kedalamannya kira –kira 10 cm. cara pemupukan ini juga dapat menggunakan system melingkar atau saluran.

Bila menggunakan pupuk TSP dan KCL tidak boleh ditaburkan, sebab jika ditaburkan sebagian pupuk akan hilang percuma terbawa air dan bila kena panas beberapa unsure akan menguap.

Pupuk buatan yang mempunyai sifat mudah larut dan menguap sebaiknya dicampur dengan pupuk organis, supaya lebih efektif dan dapat meresap kedalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh tanaman.

Untuk menghindari biaya yang tinggi, penempatan pupuk organik dan pupuk buatan sebaiknya dilakukan bersamaan. Dan pemupukan dengan pupuk buatan perlu diberikan dua kali.

Pupuk organik sebaiknya diberikan 1 kali, sedangkan pupuk buatan perlu diberikan 2 kali, yaitu sebelum tanaman berbunga dan pada saat buah mulai membesar.

Post a Comment for "Tips Memupuk Tanaman Jeruk"