>

Memulai Usaha Gurame Menggunakan Terpal Plastik

Memulai Usaha Gurame Menggunakan Terpal Plastik
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Memulai Usaha Gurame Menggunakan Terpal Plastik, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Usaha Gurame Menggunakan Terpal Plastik - Saat ini banyak para pebisnis ternak ikan gurame yang melaksanakan ternak nya menggunakan kolam terpal. 
Memulai Usaha Gurame Menggunakan Terpal Plastik

Kolam terpal dapat dijadikan media untuk budidaya ikan gurame. Hal tersebut di lakukan juga karena bisa menghemat uang. Proses ternak ikan gurame dalam kolam terpal sama saja dengan ternak ikan gurame pada kolam lainnya. 

Saat ini kolam terpal merupakan salah satu tempat yang paling efisien dalam membudidaya ternak ikan gurame. Kolam terpal untuk ternak ikan gurame memiliki beberapa sifat. Berikut ialah beberapa macam kolam terpal buat ternak ikan gurame.

Jenis Kolam Terpal

  • Kolam terpal menggunakan kerangka bambu, kayu, pipa ledeng, atau besi.
  • Kolam terpal menggunakan dinding batako atau batu bata.
  • Kolam terpal menggunakan dinding tanah.
  • Kolam beton atau kolam tanah berlapis terpal plastik.

Setelah memilih kolam terpal untuk ternak gurame, langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan pengisian kolam dengan ikan gurame. Sebelum memasukan, harus di pastikan kolam telah terisi air bersih dan juga terhindar dari berbagai bahan yang berbahaya.

Pakan Ternak Gurame

Ikan gurame termasuk jenis ikan yang vegetarian. Dalam memberikan pakan ternak ikan gurame kita bisa memberikan jenis daun daunan. Namun dalam pemeberian pakan ternak gurame bisa di lihat dari umur ikan tersebut. Agar pertumbuhan ikan bisa berjalan stabil.

Pemberian Pakan Ternak Ikan Gurame

  • Kurang dari 10 hari sebaiknya diberikan Kuning Telur, Dedak halus, Daun Kangkung.
  • 10 hari-1,5 Bulan sebaiknya diberikan ulat telur semut dan tambahkan dengan dedaunan.
  • 1,5-3,5 Bulan sebaiknya diberikan daun-daun, Daun ubi jalar, Pelet.
  • 3,5-8 Bulansebaiknya diberikan Tumbuhan air, Pelet.
  • 8-12 bulan sebaiknya diberikan daun-daun, Pelet, Jagung rebus.
  • 12 Bulan Lebih sebaiknya diberikan daun-daun, Pelet, Jagung rebus.

Pemeliharaan Ikan Gurame

Dalam beternak ikan gurame hal yang perlu diperhatikan adalah dalam proses pemeliharaan kolam, hal tersebut perlu untuk dilakukan untuk membuat kolam menjadi tetap bersih dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut adalah cara pemelihraan kolam ikan gurame

Perawatan Kolam

Agar ikan gurame dapat sehat dan terhindar dari penyakit tentunya perawatan kolam sangat perlu dilakukan. Perawatan kolam dilakukan agar ikan gurame bisa terhindar dari jamur.

Pemberian Pakan

Dalam budidaya ikan gurame pemberian pakan juga sangat menentukan kualitas yang dihasilkan oleh ikan gurame. Pakan ikan gurame yang bagus ialah yang banyak mengandung zat protein hewani maupun protein nabati.

Menentukan Waktu Panen

Ikan gurame yang siap untuk dipanen ialah ikan sudah memiliki ukuran 200-300 Gram per ekor. Ikan gurame yang memiliki kualitas bagus juga harus memiliki tingkat kelangsungan hidup yang bagus, yaitu sebanyak 85 – 95%. Dalam proses panen nya kita bisa menggunakan panen secara total.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Memulai Usaha Gurame Menggunakan Terpal Plastik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel