>

Membuat Ikan Bandeng Cepat Besar

Membuat Ikan Bandeng Cepat Besar
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Membuat Ikan Bandeng Cepat Besar, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Membuat Ikan Bandeng Cepat Besar - Ikan bandeng ialah salah satu peluang usaha perikanan yg mempunyai hasil jual yg bernilai tinggi & selalu di sukai baik untuk konsumsi dalam negeri ataupun di ekspor ke negara lain yg di kemas dalam bentuk ikan segar atau pun yg sudah di olah. 
Membuat Ikan Bandeng Cepat Besar

Ikan Bandeng di kenal bagus untuk di konsumsi sebab banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Selama ini Kegiatan peternakan atau budidaya ikan bandeng di tambak sudah berlangsung cukup lama. 

Karena dengan faktor iklim dan juga didukung oleh potensi sumber daya alam yg sangat bagus, terutama mudahnya memperoleh bibit ikan bandeng (Nener) baik secara alami maupun dari hatchery dalam Keperawatan.

Ikan bandeng sangat kaya dengan protein, sebab sebagian besar makanan ikan Bandeng ialah tumbuhan alami. Ikan bandeng digemari sebab rasanya gurih, rasa daging netral dan tidak bisa mudah hancur apabila di goreng maupun dimasak lainnya. Selain itu harga, ikan bandeng juga tidak terlalu mahal.

Ikan bandeng yg dalam bahasa Inggris (Chanos chanos), ikan bandeng menetas di laut yang dalam, sesudah menetas kira-kira 2-3 minggu lalu bandeng bermigrasi ke tepi, pantai diantara pohon bakau dan ketika sudah besar ia akan kembali lagi ke laut untuk berkembang biak.

Cara Sederhana Budidaya Ikan Bandeng

Persiapan budidaya ikan bandeng :
  • Untuk Tanah dibutuhkan Tingkat pH tanah yang optimal ialah antara 7-8, dengan kandungan oksigen terlarut 3,5 ppm.
  • Lokasi tanah terdapat pada pasang surut air. Tinggi yang baik pasang surut antara 1,5 – 2,5 m.
  • Keadaan kontur dasar kolam maupun tambak waktu surutnya lokasi harus lebih rendah di bawah 1 meter dibutuhkan pengelolaan air dengan menggunakan pompa.
  • Pengawasan air sangat diperlukan agar dapat mengatur kadar garam yang cocok untuk pertumbuhan bandeng.
  • Untuk bentuk tanah yang cocok ialah tanah liat berpasir, sebab tanah bisa menahan air.
  • Untuk kolam yang diperlukan adalah kolam yang sudah sering digunakan dalam melakukan budidaya dan panen bandeng.
  • Supaya panen bandeng berhasil & memuaskan ,sebaiknya petani bandeng dapat mengikuti petunjuk tata cara budidaya ikan bandeng biar cepat besar, meskipun banyak petani bandeng yang budidaya bandeng melakukan budidaya sesuai dengan pengalaman tapi sebagian besar hasil yang didapat kurang maksimal.

Untuk cara biar hasil yg diperoleh maksimal petani bandeng bisa mengikuti petunjuk sebagai berikut :
  • Kolam dikeringkan melalui pintu air yg terdapat di kolam, fungsi pintu air ini ialah untuk memasukkan dan membuang air.
  • Sebelum air dibuang, terlebih dahulu taburi air dengan racun untuk membasmi hama maupun hewan air yang berada pada kolam, biar sesudah air dibuang kolam sudah bersih.
  • Sesudah air dibuang, tanah yang ada di tambak di bajak menggunakan cangkul kemudian tunggu kira-kira 2 minggu sampai tanah terlihat retak-retak.
  • Sesudah itu lakukan pengapuran agar tanah dasar tambak kadar asamnya kembali netral dan diperoleh pH tanah yang sesuai yakni jumlah kapur kira-kira 1-2 ton/ha kapur.

Langkah selanjutnya ialah pemupukan dengan menggunakan pupuk organik adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan kompos/pupuk kandang kira-kira 1-3 ton/ha
  • Mengguanakan pupuk cair 4 liter/ha dengan cara di semprot, kemudian pemupukan dilakukan kira-kira sekitar 2 minggu hingga panen.
  • Sesudah pemupukan dilakukan, Isi tambak dengan air secara bertahap sampai tiga kali pengisian, setelah itu diamkan air selama 2 minggu
  • Ketinggian air kolam dibawah tanggul tanah kira-kira 10 cm. Kemudian pintu air ditutup dan air kolam didiamkan kira-kira 1 minggu agar pupuk di dasar tambak berada dalam keadaan yang baik untuk pertumbuhan makanan alami.
  • Selanjutnya buat menambah makanan alami dgn penggunaan air yg di buat dari saponin (biji teh) selain untuk pemberantasan hama yg ada di kolam juga bisa merangsang pertumbuhan fitoplankton.
  • Sesudah makanan alami tumbuh, bibit bandeng siap disebar. Sesudah 2 minggu kembali sebarkan pupuk cair organik lagi buat menumbuhkan pakan alami.
  • Tata cara yg lain ialah memasukkan kompos/pupuk kandang ke dalam karung plastik dengan cara melubanginya dan masukkan ke dalam kolam agar dapat menumbuhkan pakan alami.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Ikan Bandeng Cepat Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel