>

Apakah Pupuk Nitrogen itu??

Apakah Pupuk Nitrogen itu??
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Apakah Pupuk Nitrogen itu??, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Pupuk Nitrogen - Pupuk Nitrogen tergolong cukup banyak ragamnya. Namun, kalau diamati dipasaran, tidak semua pupuk tersedia atau dijual. Ini erat kaitannya dengan kebiasaan petani dalam menggunakan pupuk nitrogen. 
Apakah Pupuk Nitrogen itu??

Umumnya petani hanya memilih urea atau ZA sehingga tentu saja pedagang pupuk tidak akan menjual pupuk lain selain urea ataupun ZA.

Ada beberapa kejelekan dari pupuk nitrogen ini jika diberi melebihi batas, diantaranya sebagai berikut.
  • Tanaman menjadi rebah karena ruas bagian bawah menjadi lemah.
  • Daya tahan tanaman terhadap penyakit menurun karena kondisi tanaman sangat lemah, sedangkan tumbuhnya sangat subur.
  • Buah terlambat matang karena nitrogen masih merangsang pertumbuhan cabang, ranting, dan daun, sedangkan pembentukan buah terabaikan.
  • Kualitas hasil panen kurang baik.

Berikut diulas jenis-jenis pupuk tunggal nitrogen yang dapat diberikan ketanah untuk menggantikan hara yang hilang karena tersedot tanaman.

Zwavelzure Amoniak (ZA)

Zwavelzure amoniak lebih dikenal dengan sebutan ZA. Pupuk ini dibuat dari gas amoniak dan asam belerang (zwavelzure). 

Persenyawaan kedua zat ini menghasilkan pupuk ZA dengan kandungan N sebanyak 20,5- 21%. Bentuknya kristal kecil-kecil berwarna putih, abu-abu, biru keabu-abuan atau kuning.

Sifat pupuk ZA ini ialah higroskopis (menarik air), tetapi baru menarik uap air pada kelembaban 80% dan suhu 30° C. kendati demikian, ZA harus disimpan ditempat kering. 

Sifat lain pupuk ini ialah reaksi kerjanya agak lambat dan akar tanaman tidak dapat menyerapnya bersama air tanah, tetapi harus mendapatkannya secara langsung. 

Pupuk ini pun kurang terkuras oleh air. Bila ingin dipakai sebagai pupuk dasar sebelum tanam, pupuk ZA ini tergolong cocok. 

Sayangnya pupuk ini agak asam sehingga dapat membuat tanah menjadi asam jika terlalu sering diberi pupuk ZA. 

Pupuk ini pun tidak cocok diberikan pada tanah muda yang baru dibuka dan tanah yang kurang mengandung kalsium.

Urea

Urea termasuk pupuk nitrogen yang dulu banyak diimpor. Namun, kini urea sudah diekspor karena banyak dibuat didalam negeri. 

Urea dibuat dari gas amoniak dan gas asam arang. Persenyawaan kedua zat ini melahirkan pupuk urea dengan kandungan N sebanyak 46 %.

Urea termasuk pupuk yang higroskopis (mudah menarik uap air). Pada kelembaban 73 % pupuk ini sudah mampu menarik uap air dari udara. 

Oleh karena itu, urea mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tanaman.kalau diberikan ketanah, pupuk ini akan mudah berubah menjadi amoniak dan karbondioksida. 

Padahal kedua zat ini berupa gas yang mudah menguap. Sifat lainnya ialah mudah tercuci oleh air dan mudah terbakar oleh sinar matahari. 

Itu sebabnya banyak yang menganjurkan pemberian urea ini lewat daun, tetapi harus hati-hati. Urea dapat menyebabkan tanaman hangus, terutama yang memiliki daun yang amat peka, untuk itu, semprotkan urea dengan bentuk tetesan yang besar.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Apakah Pupuk Nitrogen itu??"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel