>

Pemberian Pakan Ayam Petelur Berdasarkan Tingkatan Umur

Pemberian Pakan Ayam Petelur Berdasarkan Tingkatan Umur
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Pemberian Pakan Ayam Petelur Berdasarkan Tingkatan Umur, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Pemberian Pakan Ayam Petelur - Pemberian pakan ayam petelur merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan usahatani khususnya yang bergerak dibidang peternakan.
Pemberian Pakan Ayam Petelur Berdasarkan Tingkatan Umur

Hal ini dikarenakan pakan sangat erat kaitannya dengan untung rugi dalam usaha. Selain itu, mengingat karena pakan ayam petelur tidaklah murah sehingga pemberian pakan secara cermat dan tepat sangat diperlukan guna menghasilkan ayam petelur yang berkualitas.

Ayam layer atau biasa disebut ayam petelur merupakan ayam betina dewasa yang sengaja dipelihara buat diambil telurnya. Ayam jenis ini dapat diternakkan dikandang kloni atau dikandang batrei. Tapi alagkah baiknya jika menggunakan kandang batrei.

Jika pemberian pakan ayam petelur tidak secara cermat maka anda akan mengalami kerugian. Sedangkan jika pemberian pakan sangat banyak atau sedikit ayam petelur tidak produktif.

Untuk pemberian pakan ayam petelur anda harus mengetahui periode pemberian pakan ayam petelur berdasarkan tingkatan umur pertumbuhan.

Seperti yang sudah diketahui pakan ayam petelur dibedakan berdasarkan umur, yaitu periode starter pada usia 0-8 mingu, grower pada usia 8-16 minggu, dan layer pada usia 16 minggu keatas.

Usia 0-8 Minggu: Pakan Starter Untuk Bibit Ayam Petelur

Sejak pertama lahir hingga berumur sekitar delapan minggu, ayam berubah dengan cepat. Mereka berkembang dari bibit anak ayam menjadi ayam dewasa.

Anak ayam Anda membutuhkan makanan pembuka untuk membangun dan mendukung kesehatan tulang dan kekebalannya.

Pakan starter yang sehat harus diisi dengan protein, asam amino, vitamin, dan mineral yang lengkap. Anak ayam Anda harus makan pakan starter selama delapan minggu pertama hidupnya, sampai mereka diperkenalkan dengan pakan grower.

Usia 8-16 Minggu: Pakan Grower Untuk Pullet

Pada sekitar delapan minggu, anak ayam sekarang dianggap pullet. Merupakan ide bagus untuk mentransisikannya ke pakan grower yang berfokus pada perkembangan yang sehat.

Pada tahap ini, pakan tersebut harus memiliki kandungan protein dan kadar kalsium yang sedikit lebih rendah (kurang dari 1,25%), tetapi tetap mengandung omega-3 dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung pencernaan dan kesehatan.

Usia 16 Minggu Keatas: Pakan Ayam Petelur Layer

Setelah ayam dewasa Anda mulai bertelur, inilah saatnya untuk mengalihkan ayam ini ke pakan ayam petelur yang kaya kalsium dan protein.

Hal ini ditujukan untuk membantu mereka menghasilkan telur yang kuat dan sehat. Setiap ayam memiliki waktunya sendiri untuk mulai bertelur.

Ada yang sudah mulai bertelur sejak berumur 16 minggu, dan ada juga yang membutuhkan waktu hingga 32 minggu. Anda dapat mulai memberikan pakan petelur saat ayam berumur 16 minggu, atau bisa juga menunggu sampai ayam mulai bertelur.

Berbeda halnya jika Anda juga beternak ayam pedaging. Anda harus mencari pakan dengan kandungan protein yang lebih tinggi untuk ayam pedaging Anda. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan otot yang kuat dan menjaga energi mereka.

Nutrisi yang Dibutuhkan Ayam Petelur

Pakan ayam yang baik memastikan ayam Anda memiliki energi yang cukup untuk bertelur, tetap hangat di iklim dingin, atau mendinginkan diri di musim panas.

Pakan berkualitas baik untuk ayam memiliki kandungan protein antara 16-20% dan diperkaya dengan omega-3. Nutrisi tambahan harus mencakup prebiotik, probiotik, kalsium, dan magnesium.

Protein membantu ayam mempertahankan tingkat energi mereka saat mereka terus tumbuh dan bertelur. Omega-3 sangat penting untuk telur yang lebih bergizi.

Prebiotik dan probiotik meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan, sementara kalsium dan magnesium dibutuhkan untuk kulit dan tulang yang kuat.

Kalsium pada Ayam akan berkurang seiring dengan bertelurnya Ayam setiap hari, sehingga Anda harus memastikan pakan ayam petelur yang Anda berikan mengandung kalsium yang cukup.

Perlu diingat, ayam makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Memasok ternak Anda dengan pakan padat nutrisi akan menghasilkan lebih sedikit residu, dan tidak semua pakan menyediakan semua yang dibutuhkan ayam Anda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pemberian Pakan Ayam Petelur Berdasarkan Tingkatan Umur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel