>

Cara Menanam Cabe Dengan Menyemai Dari Biji

Cara Menanam Cabe Dengan Menyemai Dari Biji
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Menanam Cabe Dengan Menyemai Dari Biji, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Menanam Cabe Dengan Menyemai Dari Biji - Untuk cara menanam cabe dari biji, hal pertama yang perlu kita siapkan adalah luruskan niat untuk menanam cabe. 

Kemudian anda jangan lupa berdoa ketika mau memulai proses penenaman agar tanaman yang kita tanam barokah, langkah awal untuk menyemai cabe sebagai berikut.

Pilih Cabe Yang Sudah Tua Yang Ditandai Dengan Warna Merah

Sebetulnya sangat mudah sekali untuk memilih cabe yang sudah tua atau yang siap dijadikan bibit cara mendapatkanya yaitu bisa dengan membeli atau mengambil cabe yang sudah berbuah jika sudah ada. Jangan menggunakan cabe sisa atau bekas gorengan biasanya cabenya masih ijo atau masih muda.

Penyemaian Benih Cabe Yang Sudah Di Pilih

Sebelum melakukan penyemaian yang harus dilakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu biji-biji cabe dengan mengupas kulit cabe yang sudah di pilih tadi atau potong bagian ujung pangkal dan ujung buah dengan katalain dipotong menjadi tiga bagian yang diambil bagian tengah dari cabe tersebut lalu keluarkan biji kecil-kecil cabe dari dalam kulitnya. 

Setelah selesai biji cabe tersebut kemudian dipanaskan di terik matahari samapai biji cabe tersebut benar benar karing. Di kemudian hari baru bibit cabe tersebut mulai di sebar ke lahan yang sudah disiapakan sebagai pemijahan bibit cabe. 

Setelah itu tunggu tumbuh besar bibit cabe dalam beberapa minggu setelah itu pindahkan pohon cabe yang mulai dewasa ke media tanam seperti lahan khusus, polybag, pot, serta bahan sejenisnya yang tidak terpakai di sekitar rumah.

Menyiapkan Media Tanam Cabe Yang Sudah Disemai

setelah melakukan penyemaian dan pohon cabe sudah mulai dewasa sebelum melakukan pemindahan pohon cabe tersebut. 

Yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan media tanam seperti lahan kosong yang disiapkan khusus untuk penanaman cabe, polybag hitam yang berukuran kurang lebih 30 cm atau lebih besar lebih baik guna menunjang atau menopang akar dari pohon cabe tersebut. 

Selain polybag hitam bisa menggunakan pot yang terbuat dari seng, plastik, kramik, tanah atau barang wadah yang sudah tak terpakai lagi. 

Setelah media tanam siap jangan lupa siapkan tanahnya yang sudah dicampur dengan pupuk kompos atau organik seperti pupuk kandang yang dihasilkan dari sapi, kerbau, ayam, dan kambing. 

Tanah dan pupuk kandang tersebut di campur jadi satu dengan rata samapi tercampur semua, kemudian tanah yang sudah di campur dimasukan di media tanam yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Pemindahan Cabe Yang Sudah Dewasa Ke Tempat Media Tanam

Kemudian setelah media tanam dan bibit sudah siap, setelah pindahkan  pohon cabe  dari tempat pembibitan atau penyemaian ke dalama mediatanam polybag dan sejenisnya yang sudah disiapkan. 

Akan tetapi sebelum memindahkan pohon ke media tanam akan lebih baik setelah melakukan pencampuran antara tanah dan pupuk kandang tersebut menunggu beberapa hari terlebih dahulu sambil melakukan penyiraman pada tanah.

Mengapa demikian? Karena jika langsung untuk ditanam biasanya tanaman yang kita tanam akan layu dan mati dikarenakan tanah masih dalam keadan blm stabil atau panas setelah pencampuran.

Setelah itu lakukan dengan hati-hati pemindahan pohon cabe jangan sampai merusak pohon dan akar yang ada di pohon. 

Pada media tanam bautlah lubang berukuran 4-6 cm, setelah itu tempatkan di tempat yang rindang jangan langsung terkena sinar matahari.

Cara Perawatan Dan Pemeliharaan Pohon Cabe

Penyiraman, siram pohon cabe dua kali sehari pagi dan sore hari. Jangan menyiram tanaman cabe ketika saat sisang hari pas matahari terik.

Pemupukan, berikan pupuk organik cair pada massa pertumbuhan buah dan daun cabe berikan capupuk kandang ketika cabe mulai berbuah.

Memberikan tiang pada pohon, digunakan untuk monopang batang pohon cabe supaya tegak kokoh berdiri. Biasanya tiang tersebut terbuat dari batang bambu berukuran 20-50 cm.

Pembasmian hama dan penyakit, biasanya penyakit yang sering menyerang tanaman cabe adalah hama hewan putih dan daun keriting kalau yang daun keriting gak begitu menghawatirkan, ketika hama hewan putih itu yang harus diutamakan penanganan dengan menyemprotkan pestisida, apabila terlihat ulat semprot tanaman cabe menggunakan insektisida secukupnya.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menanam Cabe Dengan Menyemai Dari Biji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel