>

Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Lele

Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Lele
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Lele, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Lele - Pakan merupakan kebutuhan utama untuk tumbuh kembangnya lele, pakan pabrikan dengan harga yang cukup mahal harus kita berikan kepada lele setiap harinya sangatlah menguras saku kita.
Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Lele

Akan tetapi kita bisa mengurangi jatah pakan pelet untuk lele kita dengan cara memberikan santapan tambahan berupa azolla. Cara tersebut adalah salah satu cara cerdas yang dilakukan oleh para pembudidaya lele umtuk mengurangi biaya pembelian pakan.

Berdasarkan hasil keringnya, azolla merupakan tanaman yang kaya akan nutrisi, yaitu mengandung asam amino, mineral 7-10 %, protein 25-35 %, vitamin A, vitamin B12 serta senyawa bioaktif dan biopolymer.

Karena kandungan tanaman azolla memiliki vitamin dan protein yang tinggi, maka selain digunakan untuk pupuk, tanaman azzola juga banyak digunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan lele.

Azola dengan warna hijau cerah memiliki kandungan protein hampir mencapai 30% ini sangat cocok sekali untuk pakan tambahan dalam budidaya lele.

Azola tersebut sangat mudah sekali di kembangbiakan, dengan laju pertumbuhan 35% setiap harinya maka sangat cepat sekali azolla tersebut berkembang di dalam satu bak kolam ukuran 2×3 m.

Perlu Anda ketahui mengenai kualitas tanaman azolla yang memang memiliki syarat tumbuh.
Hal inilah yang diperlukan oleh setiap pembudidaya pemula dalam mengoptimalkan kualitas tanaman azolla. Berikut adalah syarat tumbuh azolla yang sesuai:
Kondisi lingkungan sekitar atau temperatur yang dibutuhkan antara 15 oC sampai dengan 30 oC.
Membutuhkan intensitas cahaya matahari sedang, yaitu jika kekurangan sinar matahari maka akan mempengaruhi pertumbuhannya (cenderung tidak subur). Sedangkan untuk azolla yang memiliki terlalu banyak terpapar sinar matahari maka dipastikan mempengaruhi kualitas warna menjadi merah atau coklat.
Kandungan pH dalam air atau tanah yang dibutuhkan sekitar 4.
Untuk kebutuhan nutrisi phospor maupun mineral umumnya azolla dapat menyerap sendiri dari airnya.

Cara budidaya Azola sangat sederhana, cukup sediakan kolam kosong yang telah disi air kemudian cari bibit azolla di sekitar lingkungan kita atau membeli dari para penjual dengan harga yang relatif murah.

Media dapat menggunakan bak plastik, kolam, terpal, dan tempat lain yang tidak ada ikan berukuran besar, jika ada ikan kecil (guppy,cere) tidak begitu bermasalah, justru bermanfaat agar tidak menjadi perkembang biakan jentik nyamuk.

Kemudian azola tersebut kita masukkan kedalam kolam tersebut, usahakan kolam berada di luar dengan terkena sinar matahari yang cukup. Maka azola akan cepat berkembang dengan pesat sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan makanan tambahan lele kita.

Dengan biaya yang murah beserta kebutuhan lahan yang sempit dan tidak terlalu luas untuk berbudidaya maka tanaman satu ini sangat bisa dibudidayakan dimana saja.

Sebenarnya masih banyak pakan alternatif lainnya selain azola, sepertihalnya pakan alternatif yang berasal dari Black Soldier Fly. Alam kita memang banyak menyuguhkan berbagai macam pakan alternatif untuk kebutuhan lele yang kita pelihara.

Seorang pembudidaya lele yang cerdas tentunya akan memilih cara cara yang cerdas pula dalam pemberian makanan tambahan Azolla untuk lele yang kita budidayakan.

Usahakan jangan memberikan makanan tambahan yang mengandung bakteri jahat ataupun yang sekiranya tidak pantas untuk diberikan kepada lele kita. Gunakan pelet dan makanan tambahan yang sehat layak konsumsi untuk lele kita.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel