>

5 Tips Sukses Manajemen Keuangan Bisnis

5 Tips Sukses Manajemen Keuangan Bisnis
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang 5 Tips Sukses Manajemen Keuangan Bisnis, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Sukses Manajemen Keuangan Bisnis - Banyak sekali pengusaha-pengusaha baru yang kurang detail kalau berbicara tentang keuangan dalam bisnis masing-masing. 
5 Tips Sukses Manajemen Keuangan Bisnis

Padahal, bisnis selalu terkait dengan keuangan. Tanpa keuangan yang sehat, bisnis kita tidak akan sehat. Sebaliknya, sehatnya bisnis, menunjukkan bahwa bisnis kita juga sehat.

Namun, ketahuilah bahwa belum cukup kita berbicara apakah bisnis kita sehat atau tidak. Saat berbisnis, kita harus berbicara seberapa sehat bisnis kita dan seberapa sakit bisnis kita.

Kali ini, kami akan akan memberikan informasi tentang lima tips sukses manajemen keuangan bisnis. Berikut kelima hal yang harus Anda lakukan agar sukses manajemen keuangan bisnis.

Pisahkan Rekening Pribadi Dengan Rekening Bisnis Anda

Setidaknya ada dua alasan kenapa Anda harus memisahkan keduanya Pertama, agar terhindar dari penggunaan yang tidak sengaja atau tidak disadari. 

Kedua, agar Anda bisa melakukan pengecekan real cash perusahaan Anda. Benar atau salah nya pencatatan yang Anda lakukan dalam periode tertentu. Karena tidak sedikit bisnis yang memiliki laporan keuangan berbeda dengan real cash yang mereka punya.

Untuk kasus ini kami bisa memberikan contoh yaitu ada seseorang yang membuka toko pakaian. Setiap satu bulan dia selalu melakukan pembukuan keuangan. Suatu waktu seseorang tersebut mendapatkan kalau real cash yang dia punya kurang dari apa yang tercatat di laporan keuangan dia.

Setelah di selidiki, ternyata salah satu bank penyedia mesin EDC yang dia punya melakukan kecurangan. Total yang ia terima dari mesin EDC tersebut kurang dari total yang seharusnya diterima yang tertera pada pencatatan. 

Coba bayangkan jika dia tidak memisahkan rekening keduanya dan tidak melakukan pengecekan real cash, maka mungkin selamanya dia akan mengalami kondisi tersebut

Lakukan Budgeting Terhadap Pengeluaran Bulanan

Lakukan budgeting untuk setiap pengeluaran bisnis Anda. Lakukan pengecekan pengeluaran secara berkala, bisa satu kali per pekan. Ingatkan dan evaluasi karyawan atau diri Anda sendiri jika sudah di luar target. Agar di akhir bulan pengeluaran Anda bisa terkontrol dengan baik

Buatlah Laporan Keuangan

Sederhananya adalah Anda catat kapan uang masuk dan kapan uang keluar. Di akhir bulan Anda bisa lakukan rekapitulasi

Pisahkan Kasir Dengan Akunting

Potensi kebocoran sangat potensial terjadi jika kasir dan akunting disatukan pada satu orang. Bukan selalu karena ada niat. Namun bisa jadi karena alasan lain yang tak terduga, untuk itu dengan memisahkan kasir dengan akunting anda bisa memanimalisir hal tersebut.

Lakukan Pengecekan Real Cash

Seperti yang kami sebutkan pada poin pertama, pengecekan real cash penting dilakukan. Karena jangan terlalu percaya dengan laporan keuangan. 

Laporan keuangan tidak ada gunanya tanpa real cash. Karena Anda tidak bisa bayar karyawan, beli makanan, dan bentuk pengeluaran lainnya dengan laporan keuangan tapi dengan uang nyata.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "5 Tips Sukses Manajemen Keuangan Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel