>

Usaha Pembibitan Itik Pedaging

Usaha Pembibitan Itik Pedaging
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Usaha Pembibitan Itik Pedaging, mudah-mudahan isi postingan Artikel Peternakan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Usaha Pembibitan Itik Pedaging - Di Indonesia, itik pedaging sebenarnya sudah lama dikenal dan dikonsumsi masyarakat sebagai salah satu menu makanan selain daging ternak besar (sapi atau kerbau), ternak kecil (kambing dan domba), dan jenis unggas lainnya (ayam, burung puyuh, dan burung dara).
Usaha Pembibitan Itik Pedaging

Namun, sampai sekarang pengetahuan mengenai itik pedaging bagi masyarakat masih sangat terbatas. Selam ini, daging itik yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia kebanyakan berasal dari itik petelur yang telah diafkir.

Kondisi seperti ini tentunya kurang bisa memberikan kepuasan bagi konsumen karena dagingnya kurang tebal, agak liat, dan kadang berbau apek.

Dengan demikian, persepsi masyarakat selama ini terhadap itik pedaging merupakan itik afkir dari itik petelur. Padahal, ada jenis itik yang mempunyai daging yang enak dan tidak liat, yaitu itik pedaging.

Kini, sudah banyak masyarakat mengonsumsi daging itik, baik domistik maupun turis asin. Hal ini dapat dilihat di bebagai restauran sederhana dan warung tenda di perkotaan maupun di daerah yang menyajikan menu bebek goring, bebek panggang, atau sate bebek sebagai menu makanan utama.

Bahkan, di hotel – hotel berbintang dan rumah makan besar di pusat perbelanjaan juga telah banyak menyajikan menu daging itik.

Umumnya, rumah-rumah makan tersebut selalu dipenuhi oleh pengunjung. Dengan kata lain, kesukaan masyarakat terhadap daging itik juga dipastikan semakin meningkat.

Untuk mencukupi kebutuhan daging itik dipasar maka diperlukan pengembangan dan promosi tentang budidaya itik pedaging kepada masyarakat.

Selama ini, kebutuhan daging itik untuk mencukupi permintaan pasar, terutama rumah makan besar bertaraf internasional, masih disuplai dari daging beku Impor.

Sementara untuk menyuplai kebutuhan di tenda – tenda makan bisa dipenuhi dari itik petelur dari itik pedaging di Indonesia masih jarang.

Budidaya itik pedaging dapat dikembangkan dangen baik bila ditunjang oleh ketersedian bibit yang bekualitas, serta jumlah yang memadai secara bersambung.

Dengan demikian, usaha pembibitan itik pedaging bisa menjadi peluang bisnis yang baik untuk dikembangkan.

Untuk itu, diperlukan informasi mengenai teknik pembibitan dalam rangka menghasilkan bibit fnal stock yang unggul. Bibit final stok ini yang akan dipelihara sebagai itik pedaging (potong).
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Usaha Pembibitan Itik Pedaging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel