>

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California

Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California - Prospek bisnis budidaya pepaya california memiliki nilai ekonomi dan sosial pepaya cukup tinggi serta permintaan pasarnya sangat baik sebagai komoditas lokal, pasar antar daerah, pasar swalayan hingga pasar tradisional di kota-kota besar.
Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California

Kondisi ini bisa menjadi sumber keuntungan tersendiri bagi produsen budidaya pepaya california yang jeli melihat peluang pasarnya.

Budidaya pepaya california termasuk buah yang manis lunak segar. tipe buah asli amerika tropis ini kini telah menyebar ke berbagai benua, terutama di negara negara beriklim tropis.

Pepaya california bisa dimakan sebagai buah segar, sebagai buah meja dan tak jarang pula dikonsumsi sebagai sayuran dan obat.

Selain buah bagian tanaman lain seperti daun, bunga, akar dan buah yang masih muda juga sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Data national menunjukkan konsumsi pepaya california menduduki peringkat kedua setelah pisang dan situasi ini diperkuat oleh peningkatan daya beli masyarakat terhadap buah buahan berkualitas.

Buah pepaya caifornia juga banyak disediakan super market. Hal ini membuka peluang bagi bisnis pepaya berkualitas untuk pasar menengah atas melalui produk bermutu. Adapun beberapa prospek bisnis yang bisa menjadikan referensi untukkalian untuk melakukan usaha budidaya pepaya california.

Kebutuhan yang Semakin Meningkat

Konsumsi rata-rata pepaya california mencapai 2 kg/kapita/tahun. Rata-rata konsumsi buah masyarakat Indonesia untuk sat ini adalah 36 kg/kapita/tahun.

Konsumsi buah perkapita/tahun menurut anjuran FAO adalah 200 kg/tahun. jika per kapita/tahun 2002 konsumsi sebesar 2 kg dengan jumlah penduduk yang akan jadi 314 juta, di prediksi konsumsi pepaya california akan meningkat menjadi 705.000 ton.

Jika harga eceran di pasaran mencapai 5000 rupiah per kg, maka total nilai konsumsi pepaya california akan meningkat menjadi 3.5 triliun.

Harga Pepaya California Relatif Stabil

Di toko buah, harga pepaya california di patok sekitar Rp 5000 hingga 9000 tiap kg. Biasanya supermarket menjual ke konsumen antara 7000 hingga 20.000 per kg.

Sementara itu, harga pepaya california di tingkat petani di patok sekitar 2500 hingga 3500 per kg. pepaya yang tidak memenuhi kriteria di jual lebih murah. daya tahan buah pepaya california hanya 10 hari sedak di petik dari pohon.

Untuk Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga

Selain di budidayakan dalam perkebunan, pepaya california juga banyak di tanam di pekarangan rumah. Pepaya california yang di tanam di pekarangan rumah ini bertujuan semata untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayuran dalam rumah tangga.

Umur pepaya dapat mencapai 15-25 tahun dan biasanya batang bercabang. untuk kebutuhan komersial, pepaya california hanya di pertahankan sampai umur 3-4 tahun.

Setelah itu tanaman pepaya perlu di bongkar untuk di remajakan karena pepaya california yang berumur lebih dari 4 tahun tidak produktif lagi.

Budidaya Pepaya Bisa Untuk Menambah Penghasilan

Selain di petik buahnya daun pepaya california bisa juga digunakan sebagai pakan gurami. Pepaya california ini biasanya di tanam di tanggul empang.

Selain bermanfaat sebagai sumber pakan tambahan, pohon pepaya california juga bisa mencegah erosi. akar tanaman pepaya california membuat tanah tidak mudah longsor.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Prospek Bisnis Budidaya Pepaya California"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel