>

Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Sejak Dini

Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Sejak Dini
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Sejak Dini, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Sejak Dini - Siapa yang tidak ingin melihat anak-anaknya menjadi orang yang sukses? Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik dan sukses bagi putra-putri yang dicintai. 
Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Sejak Dini

Nah, disinilah peran penting orang tua sebagai pembimbing sekaligus pengawas sangat diperlukan dalam mengarahkan anak-anak menjadi mandiri. 

Jiwa kemandirian bisa ditanamkan seiring dengan pengenalan dunia kewirausahaan bagi anak-anak. Karena pada dasarnya jiwa kewirausahaan sendiri mencakup kemandirian, sebagai salah satu sikap mental yang harus dimiliki seorang wirausahawan sukses.

Sebenarnya jika dicermati, saat ini orang tua diuntungkan dengan kondisi tersedianya berbagai fasilitas pendidikan yang mendukung keinginan tersebut. 

Tak sedikit sekolah-sekolah formal maupun non formal yang memberikan pendidikan ekstra dalam hal pembentukan kepribadian, sikap mental positif bagi anak-anak.

Bahkan beberapa institusi mencoba menawarkan paket-paket yang bersentuhan dengan pemupukan jiwa kewirausahaan dalam berbagai bentuk.

Ada lembaga pendidikan yang menawarkan pendidikan non formal pengenalan kewirausahaan bagi anak-anak, ada pula yang menawarkan pengenalan wirausaha kepada anak-anak terselip dalam kegiatan yang menghibur, seperti outbond.

Namun para orang tua semestinya tidak lupa, bahwa selain mengandalkan pendidikan yang diselenggarakan di luar rumah, sikap mental yang positif sebagai bekal putra putri akan lebih terbentuk di lingkungan keluarga. 

Maka tak heran jika juga tak sedikit pengusaha sukses yang ternyata memiliki latar belakang keluarga pengusaha. 

Selain belajar secara otodidak dari kebiasaan keluarga sehari-hari, ada pula orang tua yang sengaja mengarahkan anak secara perlahan-lahan agar bisa mengikuti jalan yang telah mereka tempuh. Ada pula anak-anak yang mulai coba-coba berjualan di sekolah dengan teman-teman sebagai pelanggan.

Bagi orang tua yang belum bergelut di dunia wirausaha tak perlu berkecil hati. Memperkenalkan wirausaha kepada anak tak melulu dengan memberikan contoh secara konkrit seperti dagang atau usaha. 

Lebih dari itu membantu mengarahkan sikap sehari-hari mereka seperti kemampuan dalam mengambil risiko, kemampuan menyelesaikan masalah secara kreatif, dan mempunyai motivasi internal yang tinggi untuk berhasil. Hal tersebut bisa jadi fondasi yang kuat bagi mereka kelak untuk memulai sebuah usaha di usia muda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Anak Sejak Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel