>

Cara Pemilihan Benih Cabe Rawit yang Baik dan Benar

Cara Pemilihan Benih Cabe Rawit yang Baik dan Benar
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Pemilihan Benih Cabe Rawit yang Baik dan Benar, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Cara Pemilihan Benih Cabe Rawit - Dewasa ini telah banyak tersedia benih cabe rawit hibrida dengan keunggulannya masing-masing. Pilihlah benih yang sifatnya sesuai dengan kondisi lahan masing-masing. 
Cara Pemilihan Benih Cabe Rawit

Bila sulit didapatkan atau harganya mahal, kita bisa menyeleksi benih cabe rawit sendiri. Benih cabe rawit bisa didapatkan dari hasil panen sebelumnya. 

Gunakan buah dari hasil panen ke-4 hingga ke-6. Buah yang dihasilkan pada periode panen ini biasanya memiliki biji yang optimal. 

Pada hasil panen pertama hingga ketiga, biji dalam buah cabe rawit biasanya masih sedikit. Sedangkan menjelang periode akhir panen jumlah biji banyak tapi ukurannya kecil-kecil.

Untuk memilih benih cabe rawit yang baik, pilih beberapa tanaman yang sehat dan terlihat kuat. Dari tanaman tersebut pilih buah yang bentuknya sempurna, bebas dari serangan penyakit dan hama. 

Kemudian biarkan buah tersebut menua pada pohon. Kalau memungkinkan biarkan buah hingga mengering di pohon.

Setelah buah dipetik, potong secara membujur kulit buahnya. Buang biji yang terdapat pada bagian pangkal dan ujung buah, ambil biji pada bagian tengah. 

Biji pada bagian tengah biasanya yang paling berkualitas. Kemudian rendam biji cabe rawit tersebut dalam air bersih. 

Buang biji yang mengambang, biji yang cocok jadi benih adalah yang berisi dan tenggelam dalam air. Kemudian jemur biji tersebut hingga kering, kira-kira selama 3 hari.

Kecuali untuk benih organik, kita bisa memberikan fungisida untuk menghindari serangan jamur. Kemudian simpan benih ditempat yang kering dan masih memiliki sirkulasi udara. 

Bila penyimpanannya benar, benih cabe rawit bisa bertahan hingga dua tahun. Benih yang baik mempunyai daya tumbuh hingga 80 persen. 

Semakin lama benih disimpan, daya tumbuhnya akan terus berkurang. Bila daya tumbuhnya kurang dari 50 persen, sebaiknya jangan gunakan benih tersebut.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Pemilihan Benih Cabe Rawit yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel