>

Cara Menyeleksi Induk Ikan Lele yang Matang Gonad

Cara Menyeleksi Induk Ikan Lele yang Matang Gonad
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Menyeleksi Induk Ikan Lele yang Matang Gonad, mudah-mudahan isi postingan Artikel Perikanan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Cara Menyeleksi Induk Ikan Lele yang Matang Gonad - Seleksi induk ikan lele secara umum di mulai dari ikan ukuran benih (5–10 cm). Benih ikan yang baik untuk induk di pilih dengan ciri-ciri antara lain memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, tidak cacat, gerakan lincah, dan memiliki bentuk tubuh yang baik. 
Cara Menyeleksi Induk Ikan Lele yang Matang Gonad

Benih atau calon induk tersebut dipelihara di dalam kolam dengan baik, selanjutnya calon induk tersebut dilakukan seleksi induk secara berkala sampai mendapat induk yang benar-benar baik dan sesuai dengan kebutuhan. 

Kegiatan pembenihan ikan lele diawali dengan seleksi induk. Induk yang akan dipilih adalah induk jantan dan betina yang matang gonad. 

Ciri-ciri induk betina ikan lele adalah genital papila berbentuk bundar (oval), bagian perut relatif lebih besar, gerakan lambat, jika diraba bagian perut terasa lembek dan alat kelamin berwarna kemerah merahan. 

Sedangkan induk jantan dicirikan dengan genitalnya meruncing ke arah ekor, perut ramping, dan pada ujung alat kelamin berwarna kemerahan.

Selain itu ada perubahan warna tubuh menjadi cokelat kemerahan. Induk yang sudah dipilih berdasarkan matang gonadnya, kemudian diberok (dipuasakan) selama 2 hari.

Selama pemberokan induk jantan dan betina dipisahkan. Tujuan dari pemberokan ini adalah untuk mengurangi kandungan lemak pada tubuh ikan. 

Hal ini disebabkan lemak pada tubuh ikan dapat menghambat ovulasi telur pada betina dan pengeluaran sperma pada induk jantan. 

Induk yang akan diberok dipisahkan antara induk jantan dan betina. Hal ini bertujuan untuk menghindari mijah maling. Selain itu, pemisahan induk tersebut bertujuan mempercepat pemijahan ikan.

Ciri-ciri induk betina lele dumbo yang siap untuk dipijahkan sebagai berikut.
  • Bagian perut tampak membesar ke arah anus dan jika diraba terasa lembek.
  • Lubang kelamin berwarna kemerahandan tampak agak membesar.
  • Jika bagian perut secara perlahan diurut ke arah anus, akan keluar beberapa butir telur berwarna hijau tua dan ukurannya relatif besar.
  • Gerakannya lambat. 

Ciri-ciri induk jantan lele dumbo jantan yang telah siap untuk dipijahkan sebagai berikut.
  • Alat kelamin tampak jelas memerah.
  • Warna tubuh agak kemerah-merahan.
  • Tubuh ramping dan gerakannya lincah.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menyeleksi Induk Ikan Lele yang Matang Gonad"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel