Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Lada Perdu Menghasilkan Keuntungan yang Menjanjikan

Budidaya Lada Perdu - Budidaya lada perdu akhir-akhir ini mulai digandrungi oleh petani indonesia. Lada perdu merupakan varietas lada yang tidak membutuhkan lanjaran atau tiang panjat sehingga petani tidak perlu lagi repot-repot membuat ataupun menanam tiang panjat. 

Budidaya Lada Perdu Menghasilkan Keuntungan yang Menjanjikan

Varietas lada perdu diklaim sangat menguntungkan dari segi tempat, karena bisa ditanam tumpang sari maupun di pot sebagai penghias rumah anda. 

Keuntungan lain dari budidaya lada perdu adalah mudah dalam perawatan dan panen. Produksi lada perdu perbatang memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan lada panjat, berkisar antara 0,5-2kg perbatang. 

Tetapi jika dihitung dari luasan wilayah, lada perdu bahkan lebih banyak produksi jika dibandingkan dengan lada panjat,karena dengan luasan 1ha dapat ditanami 4500-5000 batang lada perdu.

Nah, jika kalian ingin membudidayakan lada perdu, untuk menghasilkan keuntungan yang menjanjikan, ada baiknya jika kalian mengikuti cara budidaya lada perdu berikut ini.

Media Tanam

Media tanam bisa menggunakan polibag atau pot yang sudah diisi tanah dicampur dengan pupuk kandang, dengan perbandingan 2:1. 

Polibag atau pot yang sudah diisi tanah dan pupuk kandang tersebut letakkan dihamparan yang sudah diberi atap paranet kurang lebih selama tujuh hari, tujuannya untuk mendinginkan tanah dan pupuk kandang.

Pemilihan Bibit Lada Perdu

Ambil bibit lada perdu dari indukan lada panjat ataupun lada perdu yang tidak terkena hama dan penyakit, bahan yang diambil sebaiknya ranting yang tidak terlalu tua maupun tidak terlalu muda, tetapi pilih yang sudah berkayu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ambil ranting cabang bakal buah. 

Hindari pengambilan bibit dari ranting solor atau ranting cacing karena hasilnya kurang maksimal. Ranting yang diambil kurang lebih yang mempunyai panjang 15-25cm dan mempunyai beberapa ruas. Fungsi ruas adalah sebagai tumbuhnya akar ketika ranting tersebut disetek.

Setelah ranting bahan setek lada perdu sudah siap, iris melingkar ranting tersebut menggunakan gergaji besi tepat di atas ruasnya. 

Untung masih ngurangi resiko ranting kering ketika disetek biarkan daun yang ada di ranting tersebut sekitar 10 helai daun, kemudian tanam ranting lada perdu di polibag atau pot yang sudah disiapkan.

Perawatan Bibit Lada Perdu

Bibit lada perdu yang sudah ditanam kemudian diletakkan di hamparan yang sudah diberi atap paranet, tujuannya untuk mengurangi panas terik matahari. 

Selain itu jika terjadi curah hujan tinggi akan lebih efektip untuk menghindari kebusukan. Siram bibit lada perdu secara berkala dengan interval dua sampai tiga hari sekali. Bibit lada perdu siap tanam pada umur dua bulan.

Post a Comment for "Budidaya Lada Perdu Menghasilkan Keuntungan yang Menjanjikan"