>

Cara Mengatasi Penyakit Buah Busuk Ujung Pada Tanaman Tomat

Cara Mengatasi Penyakit Buah Busuk Ujung Pada Tanaman Tomat
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Cara Mengatasi Penyakit Buah Busuk Ujung Pada Tanaman Tomat, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Mengatasi Penyakit Buah Busuk Ujung Tomat - Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hasil panen tomat yang berkualitas, selain ditentukan oleh pemeliharaan dan pemupukan juga bergantung dari cara mengatasi hama dan penyakit pada tanaman tomat.
Cara Mengatasi Penyakit Buah Busuk Ujung Pada Tanaman Tomat

Selain hama, penyakit juga merupakan hal yang ditakuti oleh petani karena dapat merusak pertumbuhan pada tanaman tomat serta mengakibatkan tanaman tomat tidak berproduktivitas dengan maksimal atau bahkan tanaman tomat dapat mati.

Salah satu jenis penyakit tanaman tomat yang sering dialami oleh petani adalah penyakit buah busuk ujung atau blossom and root.

Penyakit busuk ujung buah atau blossom and rot menyerang buah tomat baik yang masih muda maupun yang sudah tua, gejalah serangan penyakit ini sudah tampak ketika buah masih muda.

Ketika penyakit ini menyerang, mula-mula terlihat bercak berwarna hijau gelap pada ujung buah tomat yang kemudian berubah menjadi basah dan berwarna coklat sampai kehitaman.

Setelah itu ujung buah akan mengerut, bentuknya menjadi pipih, dan daging buah dalam setiap dompolan menjadi basah atau busuk kering.

Serangan yang hebat dari penyakit ini kadang kala disertai dengan tumbuhnya cendawan pada buah, dan jika hal itu terjadi hasil panen bisa berkurang hingga 85%.

Penyakit blossom dan rot biasanya disebabkan oleh kekurangan unsur hara mikro Ca (Kalsium). Unsur Ca pada tanaman berguna untuk menyusun dinding-dinding sel serta membantu proses pembelahan sel dan perpanjangan sel.

Kekurangan unsur hara Ca disebabkan oleh kondisi tanah yang miskin unsur mikro Ca, pemupukan yang kurang berimbang, dan tanaman tidak mengambil Ca karena kondisi tanah terlalu kering atau terlalu basah.

Penyakit ini bisa diatasi dengan berbagai cara antara lain, penebaran kapur dolomit, pemupukan yang berimbang, pengairan yang merata, dan penyemprotan CaCl2 pada seluruh permukaan daun dengan frekuensi 5-7 hari sebanyak 0,1%.

Lakukan penyemprotan sampai tanaman benar-benar sembuh dan sementara itu, buah yang sudah terserang harus segera dipetik dan dimusnahkan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Buah Busuk Ujung Pada Tanaman Tomat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel