>

Jenis Sayuran yang Gampang Ditanam Di Halaman Rumah dan Cepat Panen

Jenis Sayuran yang Gampang Ditanam Di Halaman Rumah dan Cepat Panen
Sayuran Gampang Ditanam Di Halaman Rumah - Saat ini kebiasaan masyarakat menanam sayuran dirumah semakin mulai digemari, apalagi berbagai sayuran yang ditanam di halaman rumah nantinya bisa digunakan untuk konsumsi harian setelah panen. 
Sayuran Gampang Ditanam Di Halaman Rumah

Disamping itu, dengan menanam sayuran di halaman rumah bisa untuk mengisi waktu luang jika di melaksanakan aktivitas dirumah saja. 

Selain itu, jika menanam sayuran di halaman rumah juga membuat kalian tidak perlu repot-repot lagi ke pasar untuk membelinya karena bisa menghasilkan sendiri beberapa bahan makanan. 

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan aktivitas menanam sayuran di halaman rumah, berikut kami merekomendasikan beberapa jenis sayuran yang gampang ditanam di halaman rumah dan cepat panennya.

Kangkung

Sayuran kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang gampang ditanam dan cepat panennya. Untuk usia panen sayuran kangkung yang cukup singkat sekitar dua minggu kalian sudah bisa panen dan sayuran kangkung sendiri tergolong jenis sayuran yang mudah tumbuh di berbagai musim.

untuk menanamnya kalian hanya perlu menebar bibit kangkung pada media tanam yang yang kalian sudah olah.

Kemudian kalian tinggal melakukan perawatan dan jangan lupa untuk melakukan pemupukan, penyiraman, dan perawatan memberantas gulma. 

Selain itu, kalian juga bisa menanam sayuran kangkung di lahan yang sempit dengan menggunakan sistem hidroponik.

Sawi Hijau

Selain kangkung sawi hijau juga merupakan salah satu sayuran yang cepat dipanen dan gampang untu ditanam.

Untuk umur panen sayuran sawi paling lama sekitar 70 hari dan paling pendek sekitar 40 hari, kemudian untuk panen, kalian perlu melihat terlebih dahulu fisik tanaman, seperti warna, bentuk, dan ukuran daun.

Kemampuan tumbuh dari sayuran sawi hijau cukup mudah, asalkan kalian memenuhi ketersediaan air untuk tanaman sawi hijau. Selain itu, sayuran sawi hijau juga tetap harus memperoleh sinar matahari yang cukup untuk tumbuh.

Untuk cara menanamnya kalian cukup siapkan bibit, lalu buat tempat semai untuk bibit, setelah bibit sudah berkecambah kalian bisa pindahkan ke media tanam yang sudah di berikan pemupukan. 

Selada

Selanjutnya jenis sayuran yang mudah untuk ditanam juga dan cepat panennya adalah sayuran selada karena masa panen sayuran selada baik secara hidroponik maupun di lahan berkisar 2-3 bulan.

Untuk cara penanaman sayuran sawi tersebut tergolong cukup mudah kalian cukup menyediakan bibit selada, media tanam serta pupuk. 

Usahakan untuk melakukan penanam sayuran selada jika ditanam di dalam pot bagian bawahnya dilubangi agar ada sirkulasi pergantian air nantinya serta sayuran selada tumbuh subur.
 

Kacang Panjang

Sayuran yang selanjutnya yaitu kacang panjang, jenis sayuran kacang panjang merupakan jenis sayuran yang juga dapat dengan mudah ditanam dan proses panennya juga sangat cepat.

Untuk cara menanamnya kalian cukup menyiapkan benih, lalu lakukan persemainan. Setelah benih sudah tumbuh pindahkan benih yang tumbuh tersebut ke lahan yang sudah diberi pupuk di halaman rumah kalian.

Untuk perawatannya kalian hanya rutin menyiram dan lakukan pemberantasan gulma, dan tinggal menunggu hasilnya hingga beberapa hari kedepan, mudah bukan?

Bayam

Sayuran bayam juga sangat mudah ditanam dan cepat panennya loh?, untuk waktu panen sayuran bayam relatif singkat berkisar 1-1,5 bulan kalian sudah bisa panen sayuran bayam.

Untuk sayuran bayam sendiri bisa ditanam sepanjang tahun, baik itu untuk dataran rendah maupun dataran tinggi, sehingga untuk menanam sayuran bayam di halaman rumah sangat cocok.

Untuk perawatan sayuran bayam juga sangat mudah kalian tinggal rutin melakukan penyiraman dan lakukan pemberantasan gulma, sayuran bayam juga tetap harus memperoleh sinar matahari yang cukup untuk tumbuh.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Selain itu, kalian juga bisa menanam bawang merah dan bawang putih di halaman rumah karena sayuran jenis ini sangat mudah ditana dirumah dan waktu panennya relatif singkat.

Untuk penanamannya kalian cukup menyediakan pot yang berisi media tanah dengan campuran pupuk kandang, lalu masukkan beberapa potong bawabg merah atau bawang putih yang atasnya sudah dipotong. 

Usahakan jika menanamnya bagian atasnya tidak terkena tanah agar daun bawang merah atau bawang putih cepat tumbuh. Untuk perawatannya kalian cukup rutin menyiramnya.

Cabai

Bagi kalian suka dengan masakan pedas, tanaman cabai sangat cocok untuk kalian tanam di sekitar halaman rumah, selain itu tanaman cabai juga sanat mudah untuk ditanam.

Untuk menanamnya kalian hanya membutuhkan biji cabai lalu keringkan. Setelah itu, kalian tanam untuk lakukan penyemaian. 

Setelah benih cabai yang ditanam tumbuh, kemudian kalian pindahkan ke media tanam dengan campuran pupuk kandang yang lebih besar atau di pot. Untuk perawatan kalian cukup rutin menyiramnya setiap hari.

Tomat Ceri

Tanaman sayuran yang cocok untuk kalian tanam juga di halaman rumah adalah tomat ceri, tomat mungil yang satu ini bisa kalian santap langsung jika sudah panen atau diolah dalam sebuah masakan.

Jika kalian tertarik untuk menanamnya kalian cukup menyediakan media tanam dengan campuran pupuk terlebih dahulu lalu masukkan benih tomat ceri tersebut.

Untuk mas panen tomat ceri bisa dipanen kurang lebih selama 70 hari, namun jika rumah kalian berada di dataran tinggi, tomat akan semakin cepat berproduksi.

Terong

Sayuran terong juga bisa menjadi pilihan kalian untuk ditanam dirumah, adalah pilihan terbaik untuk taman rumah. 

Untuk melakukan penanam cukup mudah, kalian cukup menyediakan bibit terong lalu tanam ke media tanam dengan campuran pupuk. 

Untuk perawatannya kalian hanya rutin melakukan penyiraman dan pemberantasan gulma, setelah itu tidak membutuhkan waktu yang lama, tanaman ini pun akan segera berbuah. 

Buncis

Sayuran buncis merupakan salah satu sayuran yang sangat mudah dan cepat panennya, bahkan buncis bisa berproduksi dengan baik jika melakukan perawatan yang baik dan benar. 

Sayuran buncis dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tipe tegak dan tipe merambat. untuk buncis tipe tegak, dapat dipanen saat usia sekitar 45 hari setelah tanam. Sedangkan untuk tipe merambat, dapat dipanen pada usia sekitar 60 hari setelah tanam.

Mentimun

Dan yang terakhir adalah sayuran mentimun, jenis sayuran mentimun sangat cocok untuk kalian tanam di halaman rumah karena tergolong tanaman sayuran buah berumur pendek. 

Sayuran mentimun mulai dapat kalian panen pada umur 35 hari setelah penanaman. Buah yang siap dipetik berwarna hijau pudar keputih-putihan. Panen ini dapat dilakukan dengan interval 2-3 hari hingga 15 kali panen.

Itulah informasi tentang jenis sayuran yang gampang ditanam di halaman rumah dan cepat panen, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Jenis Sayuran yang Gampang Ditanam Di Halaman Rumah dan Cepat Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel