>

Cara Penyemaian Benih Sayuran Brokoli

Cara Penyemaian Benih Sayuran Brokoli
Penyemaian Benih Brokoli - Persemaian merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menyemaikan benih ataupun bagian vegetatif dari jenis tanaman tertentu sehingga dapat menghasilkan bibit yang memenuhi persyaratan umur, ukuran dan pertumbuhan yang cukup baik untuk ditanam di lapangan. 
Cara Penyemaian Benih Sayuran Brokoli

Dalam memilih lokasi persemaian sayuran brokoli, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan sebagai berikut:
  • Lokasi persemaian sedekat mungkin dengan lokasi penanaman atau jalan angkutan (aksesibilitas) 
  • Lapangan harus datar
  • Cukup tersedia air
  • Mudah mendapatkan media
  • Keadaan lingkungan baik sirkulasi udara lancar dan sinar matahari dapat masuk ke permukaan tanah untuk mengurangi kerusakan bibit dari insekta dan jamur
  • Dekat dengan tenaga kerja.

Untuk media tanam persemaian benih sayuran brokoli itu sendiri harus mempunyai aerasi yang baik, subur dan gembur seperti pada campuran pasir, pupuk kandang dan sekam yang sudah disterilkan dengan perbandingan 1:1:1. 

Dengan media yang gembur, maka akar akan tumbuh lurus dan memudahkan pemindahan bibit ke polybag pembesaran. 

Benih sayuran brokoli yang akan disemai kemudian ditabur merata diatas media, lalu ditutup lagi dengan media tanam setebal 1-2 cm dan disiram sampai basah.

Media tanam yang baik adalah media tanam yang mampu menyediakan air dan unsur hara dalam jumlah yang cukup bagi pertumbuhan tanaman. 

Fungsi media tanam antara lain sebagai tempat unsur hara, mampu memegang air yang tersedia bagi tanaman, dapat melakukan pertukaran udara antara akar dan atmosfer di atas media dan harus dapat menyokong pertumbuhan tanaman.

Dalam persemaian benih sayuran brokoli usahakan tidak memerlukan tanah yang terlalu subur karena tanah subur mengakibatkan pertumbuhan bibit yang terlalu cepat. 

Sebaiknya jika tanah persemaian yang digunakan kurang subur, maka pertumbuhan akar bibit relatif lebih besar daripada batangnya. 

Tanaman persemaian dapat dipelihara dalam kotak-kotak tanah dan dalam kantong-kantong kertas atau dibedengan untuk persemaian yang berjarak cukup didalam barisan agar mudah dipisahkan atau dipindahkan.

Sayuran brokoli yang sudah disemai apabila sudah muncul 2 daun dan sudah mekar, sayuran brokoli tersebut telah siap dipindahkan ke tempat penanaman permanen atau wadah pembibitan berupa pot sedang atau kotak pembibitan.

Saat pemindahan ke pembibitan, jarak tanam diatur lebih jarang agar bibit sayuran brokoli lebih leluasa berkembang dan usahakan pemindahan dilakukan dengan pencabutan bibit sayuran brokoli secara utuh. 

Hal ini dimaksud karena bibit sayuran brokoli yang baru tumbuh masih lemah, usahakan dalam pencabutan dilakukan dengan hati-hati dan untuk memindahkan pencabutan, dapat menggunakan garpu.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Penyemaian Benih Sayuran Brokoli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel