>

Arti Penting Tanaman Hias Yang Perlu Kalian Ketahui

Arti Penting Tanaman Hias Yang Perlu Kalian Ketahui
Arti Penting Tanaman Hias - Tanaman hias adalah tanaman yang fungsi utamanya sebagai penghias yang memberikan keindahan dan menarik atau bisa dinikmati secara visual, baik yang ditanam di halaman maupun yang berada di ruangan. 
Arti Penting Tanaman Hias

Selain itu, salah satu fungsi tanaman hias adalah juga sebagai penyejuk  jiwa dan pelestari lingkungan karena  tanaman hias mengeluarkan Oksigen (O2) yang sangat diperlukan oleh manusia untuk pernafasan. 

Disamping itu tanaman hias menyerap karbon dioksida (CO2) yang tidak diperlukan oleh makluk hidup, termasuk manusia. 

Tanaman hias dapat berperan sebagai paru-paru lingkungan, yaitu pemberi udara yang bersih dan pembersih udara yang kotor. 

Dengan banyaknya tanaman hias, udara menjadi semakin bersih dan semakin segar, serta melindungi dari sengatan teriknya matahari. 

Beberapa penempatan tanaman hias untuk kesejukan jiwa dan menghijaukan lingkungan juga sudah dijadikan program di berbagai wilayah.

Tanaman hias bisa ditempatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tanaman hias yang biasa ditempatkan di dalam ruangan disebut tanaman hias ruangan (indoor plant), sedangkan tanaman hias yang umum ditanam di luar disebut dengan outdoor plant. 

Indoor plant biasanya berupa tanaman hias yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan di bawah kondisi intensitas cahaya matahari yang rendah dan sirkulasi udara yang kurang.

Dengan meletakkan tanaman hias di dalam rumah diharapkan dapat menyerap polutan dan menjadikan udara bersih. 

Sedangkan outdoor plant biasanya tahan terhadap pencahayaan tinggi maupun kelembaban yang berfluktuasi, meliputi berbagai macam dan jenis tanaman hias. 

Tanaman hias untuk halaman bisa kalian pilih dan mengatur dengan baik agar bisa menciptakan taman yang indah dan menyejukkan pandangan. Dalam tata taman tersebut, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. 

Selain itu, beberapa tanaman hias selain dinikmati keindahannya baik sebagai penghias halaman maupun ruangan, sekaligus juga difungsikan sebagai pagar, yang biasa disebut sebagai pagar hidup. 

Tanaman hias pagar hidup ini berfungsi sebagai pagar atau pembatas rumah tak hanya cantik dan tampak asri, tapi juga memberikan kesan sejuk dan hijau pada rumah. 

Tanaman hias pagar hidup ini juga sekaligus dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh. Sebagai tanaman peneduh, selain memperhatikan keindahan bunganya juga dilihat dari segi bentuk tajuk yang dimilikinya. 

Tanaman hias juga bisa memberikan arti nilai ekonomi. Hal ini karena pada usaha budidaya tanaman hias merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga budidaya tanaman hias sebagai penyedia lapangan kerja. 

Tanaman hias juga mempunyai nilai jual tinggi sehingga menjanjikan keuntungan yang baik dan hasil secara ekonomi tinggi. 

Bahkan ada beberapa hasil tanaman hias yang bisa digunakan sebagai bahan baku industri dalam bidang kecantikan dan kesehatan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Arti Penting Tanaman Hias Yang Perlu Kalian Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel