>

Usaha Perikanan Air Payau yang Mudah di Budidayakan

Usaha Perikanan Air Payau yang Mudah di Budidayakan
Usaha Budidayakan Perikanan Air Payau - Usaha budidaya perikanan ikan payau mulai banyak dilakukan oleh nelayan karena mudah dilakukan dan memiliki keuntungan yang besar. Air payau sendiri merupakan campuran air laut dan air tawar, kadar garam kurang dari air laut dan lebih banyak tingkat garam dari air tawar.
Usaha Perikanan Air Payau yang Mudah di Budidayakan

Dalam melakukan budidaya perikanan air payau itu sendiri lokasi yang baik dilakukan yaitu dekat dengan sumber air payau yang berada di dekat pantai atau dekat muara. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam pengisian, penambahan atau penggantian air payau.

Untuk jenis Ikan yang bisa dibudidayakan di air payau merupakan salah satu yang termasuk ke dalam kategori ikan yang cukup mudah untuk dibudidayakan dan memiliki harga jual yang lumayan tinggi dan mengalami pertumbuhan yang cukup cepat.

Ada banyak jenis usaha yang cocok untuk dibudidayakan di air payau, tentunya tingkat keasinan yang ideal untuk setiap jenis berbeda-beda. 

Sebagian tidak akan mampu hidup di tingkat keasinan yang tinggi dan sebagian lagi membutuhkan tingkat keasinan yang lebih tinggi.

Untuk itu berikut ini beberapa jenis usaha dalam perikanan air payau yang mudah dibudidayakan,

Ikan Bandeng

Jenis ikan bandeng memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada umumnya ikan bandeng hidup di air asin, namun ikan bandeng juga bisa dibudidayakan di air payau. 

Ikan bandeng itu sendiri memiliki ciri khas mempunyai banyak duri namun masih banyak peminat yang mengkomsumsi jenis ikan ini. 

Untuk itu, usaha budidaya ikan bandeng salah satu yang memiliki keuntungan yang tinggi karena permintaan akan ikan bandeng di pasar cukup tinggi. Hal ini juga bisa menjadi alternatif bisnis sampingan yang menjanjikan.

Ikan Kerapu

Ikan Kerapu juga termasuk jenis ikan yang bisa hidup di ekosistem air payau. Ikan kerapu dulu banyak bisa kita jumpai di sekitar muara sungai. 

Namun, akhir-akhir ini sangat sulit lagi di temui. Hal yang menjadi penyebab adalah penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan. 

Karena ikan kerapu agak sulit di dapatkan di pasar berimbas pada harga kerapu yang jadi lebih mahal. Ikan kerapu juga di kenal dengan rasanya yang lezat. Untuk itu, banyak nelayan yang sekarang ini melakukan budidaya kerapu melalui tambak.

Udang

Jika kalian sering bermain di pantai, kalian pasti akan menemukan banyak tambak udang. Ada banyak jenis udang yang dapat dibudidayakan di perairan air payau karena udang merupakan salah satu yang banyak disukai masyarakat karena rasanya yang sangat enak serta memiliki harga di pasar cukup tinggi. 

Diantara jenis udang yang biasanya di budidayakan yaitu udang putih yang memiliki warna putih dan kulit yang tipis sehingga mudah mati. Hal ini disebabkan karena jenis udang ini sangat sensitif dengan keadaan lingkungan yang berubah.

Selanjutnya Udang rebon yang lebih sering kita jumpai di lingkungan sekitar.berbekal kulit yang agak keras dan warna merah sering dijadiikan sebagai sajian utama di warung sea food yang ada di Indonesia. 

Ikan Patin

Ikan Patin merupakan sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius. Ikan jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Ikan patin ini sudah sangat familiar karena menawarkan peluang keuntungan yang sangat menggiurkan 

Ikan patin cukup populer dibudidayakan karena dagingnya yang banyak dan cepat besar. Di samping itu, ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner sehingga banyaknya pecinta budidaya ikan patin.

Ikan Mujair

Pada umumnya, ikan mujair memang dibudidayakan di air tawar saja, namun sekarang, ikan mujair telah mengalami perkembangan dan kini dapat dibudidayakan di perikanan air payau. 

Hal inilah yang mengakibatkan produksi ikan mujair terus meningkat karena dapat hidup di tempat yang fleksibel yaitu baik di perairan tawar maupun payau.

Ikan Nila

Sama halnya dengan ikan mujair, Ikan Nila juga biasanya kita dapati di pelihara di ekosistem air tawar. Namun seiring berjalaya waktu ternyata ikan nila bisa di budidayakan di air payau. 

Meskipun saat ini presentasenya masih belum banyak yang mengaplikasikannya, namun beberapa daerah di Indonesia lainnya sudah ada yang mencoba menerapkannya. Permintaan pasar akan ikan nila cukup tinggi sehingga budidaya ikan nila bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Nah, itulah beberapa jenis usaha perikanan air payau yang mudah kalian budidayakan dan tentunya bisa  menjadi peluang keuntungan yang menjanjikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Usaha Perikanan Air Payau yang Mudah di Budidayakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel