>

Pemanfaatan Lahan Sempit dengan Penanaman Tanam Hias Daun Sistem Vertikal

Pemanfaatan Lahan Sempit dengan Penanaman Tanam Hias Daun Sistem Vertikal
Tanam Hias Daun Sistem Vertikal - Tanaman hias memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Dalam lanskap, tanaman hias memiliki fungsi sebagai tanaman pelindung, penghias taman, centre point, bedengan dan penutup tanah. Tanaman hias juga dapat memberikan suasana indah mempesona, melembutkan pandangan, dan memberikan kecemerlangan sepanjang waktu. 
Tanam Hias Daun Sistem Vertikal

Berbagai tanaman hias umumnya ditanam untuk menghijaukan dan mempercantik suatu taman atau sebagai tanaman hias pot yang ditempatkan di meja ataupun areal rumah, perkantoran, hotel, restoran atau apartemen.

Pada kehidupan sehari-hari komoditas tanaman hias dibudidayakan untuk dinikmati keindahannya yang dapat terpancar dari keseluruhan tajuk tanaman juga bentuk, warna bunga, dan kerangka tanaman. Tanaman hias berdasarkan bagian tanaman yang dinikmatinya terbagi menjadi dua jenis yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. 

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang memiliki warna warni daun yang indah dengan bentuk dan tajuk bervariasi, unik, dan eksotik. 

Sedangkan tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang memiliki kemampuan menghasilkan bunga dengan bentuk, warna, dan keharuman yang unik.

Pemanfaatan tanaman hias dapat dilakukan pada pada areal yang sempit bahkan dapat ditanam pada lahan vertikal yaitu dengan konsep taman tegak. Akan tetapi tidak semua jenis tanaman hias dapat dimanfaatkan pada lahan vertikal.

Tanaman-tanaman yang memiliki karakteristik daun yang merambat atau menjulur dengan waktu pertumbuhan yang relatife sama akan lebih menambah keindahan taman tegak tersebut, dan pada umumnya jenis tanaman hias yang digunakan adalah tanaman hias daun. 

Adapaun beberapa jenis tanaman hias daun yang dapat dimanfaatkan untuk lahan vertikal yaitu dengan konsep taman tegak sebagai berikut :

Begonia Thelmae

Begonia thelmae merupakan terna berukuran kecil yang tumbuh merayap. Daunnya berbentuk memanjang dan berukuran kecil dengan panjang 6-7 cm dan lebar 3-4 cm, berwarna hijau dan ditumbuhi bulu yang tampak seperti beludru, permukaan bawah daun berwarna kemerahan, bertangkai pendek dengan ukuran 0.8-1 cm. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dan berukuran kecil.

Dracaena

Tanaman Dracaena merupakan tanaman hias tropis yang sangat prospektif, mengingat tanaman ini mudah tumbuh di Indonesia dengan perawatan yang relatif mudah. 

Dracaena juga memiliki potensi besar terutama di pasar ekspor sehingga membutuhkan pengembangan yang intensif.

Dracaena merupakan tanaman hias yang termasuk dalam famili agavacaea. Tanaman ini memerlukan suhu yang panas, pencahayaan matahari yang cukup, kelembaban yang cukup dan merupakan tanaman asli Afrika yang dapat tumbuh baik di dalam ruangan dan luar ruangan. Dracaena umumnya ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis Asia dan Amerika Tengah.

Epipremnum Gold

Epipremnum gold merupakan tanaman hias yang termasuk dalam famili Aracaea. Tanaman ini memerlukan suhu yang panas, pencahayaan matahari yang cukup, dan kelembaban yang cukup.

Homalomena

Homalomena merupakan suatu terna yang cegak, dengan akar dan batang yang sebagian besar terletak di tanah yang menegak pada ujungnya, daun berbentuk jantung, tipis, dan mengkilap. Tanaman ini memiliki rimpang yang terbagi dalam ruas-ruas pendek namun tidak menonjol. 

Selain itu, rimpangnya juga diselimuti oleh kulit ari yang berwarna coklat tua. Bagian dalam rimpang berwarna putih, padat, berserat, dan apabila terpotong maka akan mengeluarkan bau yang merangsang indera penciuman seperti bau akar kelor yang dimemarkan.

Miana

Miana atau coleus merupakan tanaman hias yang termasuk dalam famili Labiatae atau bayam-bayaman. Berasal dari daratan Afrika yang beriklim tropis dan negara-negara Asia. 

Tanaman ini memerlukan suhu yang panas, pencahayaan matahari yang cukup, kelembaban yang cukup. Perbanyakan tanaman hias ini dapat dilakukan dengan stek pucuk dan biji.

Monocostus Uniflorus

Monocostus uniflorus termasuk dalam famili Costaceae. Tanaman ini memiliki daun berbentuk oval dengan ketebalan sekitar 2 sampai 2,5 inci, berwarna kuning.

Peperomia Obtusifolia Variegata

Peperomia merupakan famili dari Piperacaea. Genus dari peperomia mencakup lebih dari 1000 spesies yang hanya sedikit dibudidayakan secara luas. 

Tanaman ini merupakan tanaman rumput yang banyak berada di daerah tropis dan subtropis, tumbuh pada lingkungan yang kering, dengan temperatur yang panas, pencahayaan yang cukup. 

Perkembangbiakan peperomia dapat dilakukan dengan stek batang dan daun. Peperomia obtusifolia variegata memiliki daun dengan batas putih krem dengan zona pusat hijau.

Peperomia Scandens

Peperomia merupakan famili dari Piperacaea. Genus dari peperomia mencakup lebih dari 1000 spesies yang hanya sedikit dibudidayakan secara luas. 

Berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Peperomia scandens memiliki daun berbentuk hati, berwarna hijau pucat dan berukuran 5-8 cm. 

Tanaman ini merupakan tanaman rumput yang banyak berada di daerah tropis dan subtropis, tumbuh pada lingkungan yang kering, dengan temperatur yang panas, pencahayaan yang cukup. Perbanyakan tanaman hias ini dapat dilakukan dengan stek batang dan stek daun.

Polyscias

Polyscias merupakan tumbuhan berpembuluh dan berbunga, menghasilkan biji, dan termasuk dalam famili Araliaceae. 

Kelompok ini terdiri dari sekitar delapan puluh semak tropis dan pohon-pohon yang asli Selandia Baru, Asia Tropis, dan Kepulauan Pasifik. 

Polyscias tumbuh baik pada suhu di atas 55 derajat Fahrenheit, di bawah sinar matahari penuh atau cahaya terang. 

Mereka dapat tumbuh di setiap tanah yang baik, namun lebih memilih lempung, gambut, dan cetakan daun, dengan sedikit pasir dan arang. Perbanyakan Polyscias dapat dilakukan dengan stek batang, stek akar, dan tunas.

Schefflera Varigata

Walisongo varigata atau Schefflera varigata merupakan tumbuhan perdu yang bercabang sangat banyak. Schefflera membutuhkan pencahayaan yang terang. 

Jika tanaman tidak menerima cahaya yang cukup atau terlalu jauh dari sumber cahaya, Schefflera akan menjadi kurus. Perbanyakan dilakukan dengan stek daun.

Syngonium Pink Neon

Syngonium merupakan tanaman hias daun yang berasal dari hutan hujan tropis dan termasuk dalam keluarga Aracaea. 

Tanaman ini termsuk dalam tanaman berpembuluh, berbunga, dan berkeping satu. Daun syngoniums kebanyakan kasar, mengkilap, dan berwarna merah muda.

Itulah informasi tentang pemanfaatan lahan sempit dengan penanaman tanam hias daun sistem vertikal, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pemanfaatan Lahan Sempit dengan Penanaman Tanam Hias Daun Sistem Vertikal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel