>

Budidaya Tanaman Lidah Buaya

Budidaya Tanaman Lidah Buaya
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Budidaya Tanaman Lidah Buaya, mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertanian, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Budidaya Tanaman Lidah Buaya - Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang terlaris di dunia karena memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri, selain itu tanaman lidah buaya juga  merupakan tanaman yang dapat menghiasi sekitar rumah.
Budidaya Tanaman Lidah Buaya

Potensi tanaman lidah buaya menjadikan banyak industri yang mengembangkan tanaman lidah buaya menjadi bahan baku industri, penggunaan tanaman lidah buaya yang cukup besar di dalam industri dikarenakan komponen-komponen yang dimilikinya cukup lengkap dan bermanfaat.

Dengan banyaknya industri yang mengembangkan tanaman lidah buaya menjadi bahan baku menjadikan peluang usaha dalam budidaya sangat cocok untuk kalian kembangkan. 

Secara umum budidaya tanaman lidah buaya sebenarnya sangat mudah dan pemeliharaannya juga sangat mudah.

Namun, untuk menghasilkan tanaman lidah buaya yang diinginkan industri, kalian juga harus memperhatikan beberapat tips dalam melakukan budidaya tanaman lidah buaya. Untuk itu, kami akan memberikan cara budidaya tanaman lidah buaya.

Pembibitan

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang terkenal sangat mudah untuk membudidayakannya selain itu tanaman lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. 

Cara menanam lidah buaya bisa dilakukan dengan menanam langsung pada lahan atau menggunakan media tanam polybag.

Tanaman lidah buaya dapat diperbanyak secara vegetatif, dengan cara tunas akar atau anakan langsung yang dipisahkan dari pohon induk untuk ditanam. 

Anakan yang berukuran sebesar ibu jari kira-kira 10-20 cm, dipisahkan dari induk dan dideder kedalam polybag kecil selama 4 minggu, selanjutnya ditanam di bedengan atau pot yang berukuran besar, dengan ditugal jarak tanam yang digunakan 50 x 75 cm atau 50 x 100 cm.

Penyiapan Media Tanam 

Pada umumnya media tanam untuk melakukan budidaya lidah buaya dapat dilakukan dari berbagai jenis tanah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan jenis tanah dengan campuran pasir, tanah dan pupuk kandang yang kemudian dicampurkan dengan perbandingan 2:1:1 dengan media tanam yang akan kalian gunakan.

Penentuan Pola Tanam

Jarak tanam yang sangat baik untuk melakukan budidaya tanaman lidah buaya dapat disesuaikan berdasarkan jenis yang kalian tanam, namun jarak minimal yang baik adalah 70 cm antar tanaman dan tempat penanaman digali sedalam 15 X 15 X 15 cm. 

Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan tanaman lidah buaya untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman lidah buaya yang baik harus dilakukan penambahan unsur hara melalui pemupukan. 

Pemupukan dilakukan dengan dosis berdasarkan umur tanaman dan diberikan dengan kontinyu pada waktu yang telah ditentukan.

Selanjutnya dengan melakukan penyiangan yang dilakukan pada saat sebelum dilakukan pemupukan susulan, namun demikian penyiangan dapat saja dilakukan secepatnya bila gulma disekitar tanaman lidah buaya sudah terlihat banyak yang tumbuh. 

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut gulma dengan tangan atau kored, bersamaan dengan penyiangan dilakukan pembersihan alur antar bedengan dan menaikkan tanah-tanah yang turun dari bedengan karena curah hujan. 

Penyiangan pada tanaman lidah buaya sangat penting dilakukan karena peertumbuhan gulma yang cenderung pesat dan menganggu tanaman. 

Pemanenan

Masa produksi tanaman lidah buaya termasuk lama, tanaman tahunan ini terus menghasilkan pelepah sampai umur 7-8 tahun. 

Saat itu beberapa pelepah dalam satu rumpun bisa mencapai bobot 0,8-1 Kg. setelah mencapai waktu produksi, setiap 2 minggu petani dapat memanen pelepah lidah buaya.  produktivitas lidah buaya di lahan gambut berkisar 20-30 ton/Ha/tahun.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Budidaya Tanaman Lidah Buaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel