√ Penanganan Pascapanen Biji Kakao - Agribisnis Agrokompleks

Penanganan Pascapanen Biji Kakao

Penanganan Pascapanen Biji Kakao
Penanganan Pascapanen Biji Kakao - Proses penanganan dan pengolahan pascapanen biji kakao merupakan kegiatan yang sangat penting karena kegiatan pada tahapan ini sangat menentukan mutu biji kakao. 
Penanganan Pascapanen Biji Kakao

Salah satu tahapan dari rangkaian proses penanganan dan pengolahan pascapanen biji kakao yang sangat menentukan mutu biji kakao adalah fermentasi karena pada tahapan inilah terbentuk citarasa khas kakao.

Tahapan penanganan dan pengolahan pascapanen kakao secara umum ada tiga, yaitu pemanenan, pengolahan biji, dan proses lanjutan. Tahap pemanenan, mencakup kegiatan aktivitas pemetikan, sortasi buah, dan pemecahan buah. 

Tahap pengolahan biji, mencakup kegiatan proses fermentasi, pengeringan, sortasi biji, pengepakan, dan penyimpanan. Tahap proses pengolahan lanjut (agroindustri), merupakan proses pengolahan biji kering menjadi berbagai macam produk kakao olahan.

Aktivitas agroindustri relatif masih sangat rendah, atau dengan kata lain industri pengolahan biji kakao belum berkembang di Indonesia sehingga sampai saat ini Indonesia terkesan hanya sebagai penghasil bahan baku untuk keperluan industri negara-negara pengolahan lanjut biji kakao.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Penanganan Pascapanen Biji Kakao"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel