√ E-commerce Agribisnis dalam Manajemen Pemasaran - Agribisnis Agrokompleks

E-commerce Agribisnis dalam Manajemen Pemasaran

E-commerce Agribisnis dalam Manajemen Pemasaran
E-commerce Agribisnis dalam Manajemen Pemasaran - Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan pemberian harga, promosi, dan distribusi dari barang-barang, jasa, dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan organisasi dan atau kepuasan konsumen. 
E-commerce Agribisnis dalam Manajemen Pemasaran

Dengan demikian manajemen pemasaran adalah serangkaian kegiatan pemasaran melalui pengolahan pascapanen, penetapan harga, distribusi, dan promosi yang efektifterhadap produk agribisnis yang dipasarkan dengan tujuan meraih kepuasan konsumen.

Konsep e-commerce merupakan impikasi dari konsep manajemen pemasaran yang dikemas dengan sistem baru dengan menggunakan fasilitas internet seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan lingkungan yang terjadi pada masyarakat. 

E-marketing menggunakan internet sebagai platform yang memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan, mengurangi biaya transaksi, dan memungkinkan pelanggan untuk berpindah kapan dan dimana saja tanpa menghawatirkan tempat dan waktu (Jagdish dan Sharma
2005). 

Menurut El-Gohary (2010) pemasaran e-marketing dapat dipandang sebagai sebuah filosofi baru dan praktik bisnis moderen yang terlibat dengan pemasaran barang, jasa, informasi dan ide melalui internet. 

Dalam kaitannya dengan pemasaran agribisnis dapat menjadi alternatif pemasaran dikarenakan produk agribisnis mempunyai karakteristik yang spesifik (cepat rusak, mudah busuk, bentuk tidak beraturan) sehingga perlu tindakan pengaturan (manajemen) pemasaran yang spesifik. 

E-marketing merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang memperhatikan perkembangan lingkungan yang dinamis. Menurut (Chaffey 2009) E-marketing adalah sebuah proses untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan pemasaran secara online.

Sumber :

  1. Jagdish, N. S., & Sharma, A. (2005). International E-Marketing: Opportunities and issues. International Marketing Review, 22(6), 611-622. http://search.proquest.com. Diakses pada 11 November 2017.
  2. El-Gohary, Hatem. (2010). E-Marketing- A literature Review from a Small Business perspective. USA: Centre for Promoting Ideas.
  3. Chaffey, Dave. (2009). E-Business and E-Commerce Management (4th edition). New Jersey: Prentice Hall.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "E-commerce Agribisnis dalam Manajemen Pemasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel