Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha dan Prospek Peternakan Ayam Ras Pedaging

Usaha dan Prospek Peternakan Ayam Ras Pedaging - Usaha ayam broiler dimulai sejak tahun 1923 di Delmarva Peninsula, seperti semua orang ketahui industri ayam broiler ini sangat fenomenal, tak hanya di Amerika Serikat tetapi hampir di seluruh dunia. 

Usaha dan Prospek Peternakan Ayam Ras Pedaging

Sekarang day old chick dibeli dari industri penetasan, pakan yang berkualitas telah dikembangkan, mampu untuk mempercepat pertumbuhan dan menurunkan konversi pakan. 

Saat industri perunggasan berkembang maka integrator mulai berkembang juga karena margin keuntungan berkurang di tiap segmen bisnis. 

Usaha penetasan dan pakan bersatu juga pengolahannya dan akhirnya broiler diproduksi dengan sistem contract farming daripada usaha mandiri. 

Pada saat ini di beberapa negara, banyak produsen beternak broiler dengan kontrak atau bermitra, artinya perusahaan yang menyediakan pakan, bibit, dan obat-obatan sementara produsen menyediakan kandang, peralatan dan tenaga kerja. 

Dalam hal ini perusahaanlah yang memiliki ayam tersebut sehingga produsen hanya menjual ayamnya kepada perusahaan dengan harga yang telah disepakati, produsen dibayar oleh perusahaan dan bila memberikan hasil yang bagus akan diberikan bonus (North, 1972).

Prospek ekonomi agribisnis ayam ras dimasa mendatang, dapat dilihat baik dari sisi penawaran maupun sisi permintaan. 

Menurut Saragih (2000) dari sisi permintaan prospek agribisnis ayam ras berkaitan dengan peranan daging ayam ras dalam struktur konsumsi daging dan sifat permintaannya yang sangat sesuai dengan masa depan.

Sumber :

  • Intani dewi.2006. Kesinambungan usaha bisnis kemitraan ayam ras pedaging (kasus di tunas mekar farm bogor). Skripsi. Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas peternakan. Institut pertanian bogor
  • North, M. O. 1972. Commercial Chicken Production Manual. The AVI Publishing Company, INC, Connecticut.
  • Saragih, B. 2000. Kumpulan Pemikiran Agribisnis Berbasis Peternakan. USESE Foundation dan Pusat Studi Pembangunan IPB, Bogor.

1 comment for "Usaha dan Prospek Peternakan Ayam Ras Pedaging"