√ Persyaratan Lokasi Dalam Budidaya Kerapu Keramba Jaring Apung - Agribisnis Agrokompleks

Persyaratan Lokasi Dalam Budidaya Kerapu Keramba Jaring Apung

Persyaratan Lokasi Dalam Budidaya Kerapu Keramba Jaring Apung
Lokasi Budidaya Kerapu Keramba Jaring Apung - Budidaya ikan kerapu merupakan salah satu peluang usaha yang bisa kalian jalankan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, apalagi permintaan ikan kerapu baik di pasar domestik maupun sebagai komoditas ekspor memiliki peluang yang sangat baik untuk kalian jadikan sebagai peluang usaha.
Persyaratan Lokasi  Dalam Budidaya Kerapu Keramba Jaring Apung

Nah, dalam budidaya kerapu kalian juga bisa melakukan dengan menggunakan Keramba Jaring Apung (KJA), tetapi  tidak semua perairan pantai dapat di jadikan tempat pemasangan keramba jaring apung, ada beberapa faktor yang harus kalian penuhi jika ingin melakukan budidaya kerapu keramba jaring apung.

Dalam pemilihan lokasi untuk budidaya kerapu keramba jaring apung kalian harus memperhatikan faktor resiko untuk menunjang keberhasilan budidaya kerapu keramba jaring apung. Faktor resiko yang harus kalian perhatikan yaitu gangguan alam atau dalam pemilihan lokasi adanya badai dan gelombang besar yang dapat merusak konstruksi keramba sehingga memperpendek umur rakit. Selain dapat merusak keramba kalian gelombang yang besar juga dapat menyebabkan stres pada ikan budidaya sehingga mengurangi selera makan.

Selanjutnya kalian harus memperhatikan adanya serangan predator yang dapat mengurangi produksi ikan kerapu berkurang dan bahkan hilang sama sekali. Pada umumnya serangan predator yang biasa menyerang dalam budidaya kerapu keramba jaring apung adalah hewan buas laut dan burung-burung laut.

Selain itu dalam pemilihan lokasi kalian juga harus memperhatikan adanya pencemaran laut, nah dalam pencemaran laut yang dimaksudkan yaitu adanya mahluk hidup, zat, energi atau komponen lain kedalam lingkungan laut oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun.

Lokasi harus bebas dari bahan pencemaran yang mengganggu kehidupan ikan, pencemaran tersebut dapat berupa limbah industri, limbah pertanian, dan limbah rumah tangga. Limbah rumah tangga biasanya berupa detergen dan sampah organik.

Dalam pemilihan lokasi untuk budidaya kerapu keramba jaring apung juga kalian harus memperhitungkan keterkaitan dengan pengguna sarana laut lain. Daerah yang merupakan tempat lalu lintas kapal harus dihindari untuk lokasi budidaya kerapu,  adanya kapal tangker minyak yang berlabuh harus di jauhi karena kapal tersebut biasanya membuang minyak ke dalam perairan.

Untuk kenyamanan dalam budidaya ikan kerapu keramba jaring apung kalian harus menjauhkan dari lalu lintas perahu atau kapal dapat mengganggu ketenangan ikan yang di budidayakan di keramba jaring apung, selain itu kapal besar juga berpotensi untuk mencemari lingkungan perairan.

Berdasarkan hal ini sebaiknya lokasi budidaya kerapu keramba jaring apung yang dipilih adalah di teluk, selat, di antara pulau-pulau yang berdekatan, atau perairan terbuka dengan terumbu karang penghalang yang cukup panjang.

Kalian juga harus memperhatikan lokasi yang dekat dengan jalan besar, pasar, pelelangan ikan, dan pemasok sarana sangat memberi kemudahan dalam operasional, selain itu kalian juga dapat memiliki adanya sumber listrik, telepon dan sarana penghubung lainnya. Tersedianya jalan darat yang mengakses ke lokasi budidaya akan memudahkan transportasi benih dan hasil panen.

Itulah informasi tentang syarat lokasi yang harus kalian penuhi untuk budidaya ikan kerapu keramba jaring apung, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Persyaratan Lokasi Dalam Budidaya Kerapu Keramba Jaring Apung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel