√ Cara Penyiapan Bibit Tanaman Porang - Agribisnis Agrokompleks

Cara Penyiapan Bibit Tanaman Porang

Cara Penyiapan Bibit Tanaman Porang
Bibit Tanaman Porang - Tanaman porang merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur pada hutan tropis yang memiliki banyak manfaat sehingga sangat dibutuhkan untuk keperluan industri dan kesehatan. Tanaman porang juga memiliki prospek dan nilai ekonomi yang cukup menjanjikan untuk kalian yang ingin mencoba melakukan budidaya tanaman porang.
Cara Penyiapan Bibit Tanaman Porang

Nah, dalam budidaya tanaman porang langkah pertama yang kalian lakukan adalah bagaimana cara dalam penyiapan bibit karena dalam melakukan budidaya bibit sangat menentukan pertumbuhan suatu tanaman karena bibit yang berkualitas akan menghasilkan hasil panen yang berkualitas juga.

Untuk itu dalam penyiapan bibit tanaman porang ada beberapa cara yang perlu kalian ketahui, pada umumnya untuk penyiapan bibit tanaman porang dapat diperbanyak secara vegetatif dan generatif. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi tentang cara penyiapan bibit tanaman porang. 

Cara Penyiapan Bibit Dari Umbi

Untuk penyiapan bibit tanaman porang dari umbi langkah awal yang perlu kalian lakukan dengan menentukan anakan tanaman porang yang berumur kira-kira 1 tahun yang pertumbuhannya subur dan sehat, kemudian kalian bongkar tanaman porang lalu kalian bersihkan umbi dari akar tanah. Setelah itu kalian kumpulkan bibit tersebut di tempat yang teduh dan lakukan penanaman. Untuk satu umbi porang kalian bisa menghasilkan satu tanaman porang.

Cara Penyiapan Bibit Dari Biji

Untuk penyiapan bibit dari biji kalian bisa mendapatkannya ketika tanaman porang tumbuh sekitar 4 tahun karena tanaman porang akan menghasilkan bunga yang bisa menjadi buah atau biji. Untuk satu tongkol tanaman porang kalian bisa mendapatkan sekitar 250 biji dan kalian bisa menggunakannya sebagai bibit porang dengan cara semaikan terlebih dahulu.

Cara Budidaya Dengan Perkecambahan Poliembrioni

Cara perkecambahan dengan poliembrioni merupakan cara perbanyakan adanya lebih dari satu embrio dalam satu biji. Pada umumnya dalam penyiapan bibit tanaman porang dari biji biasanya satu biji porang menghasilkan satu tanaman.

Sedangkan dengan cara perkecambahan poliembrioni kalian bisa menghasilkan pada satu biji porang dilakukan proses pembelahan biji untuk memisahkan embrio-embrio dalam satu biji. Embrio yang telah dipisahkan tersebut kemudian disemai hingga tumbuh tunas sehingga dihasilkan lebih dari satu bibit baru dari satu biji.

Jika kalian ingin melakukan cara perkecambahan dengan poliembrioni, kalian bisa melakukan pada saat bunga porang mulai rebah, kemudian biji ditampung, selanjutnya biji-biji tersebut kemudian dibelah dan embrio-embrionya dipisahkan. 

Untuk waktu yang dibutuhkan dengan perkecambahan poliembrioni ini sekitar 6-7 minggu sejak embrio disemaikan hingga berkecambah. Kemudian jika embrio sudah mulai berkecambah kalian tinggal pindahkan ke dalam kantong polybag dan tunggu hingga 8 minggu sebelum siap ditanam ke lahan.

Cara Penyiapan Bibit Dari Bulbil/Katak

Yang terakhir yaitu cara penyiapan bibit dari bulbil atau katak,cara ini kalian bisa melakukan dengan mengambil bulbil/katak sekitar rumpun tanaman yang berumur cukup tua, kalian bisa menyeleksi bulbil/katak yang sehat.

Setelah kalian pilih bulbil/katak yang sehat lalu kalian kumpulkan dalam wadah dan kalian tinggal semai hingga tumbuh tunasnya dan kemudian tinggal ditanam. Untuk tanaman porang yang cukup besar dan tua kalian bisa menghasilkan bulbil/katak sekitar 40 pohon.

Itulah informasi tentang cara penyiapan bibit tanaman porang yang perlu kalian ketahui, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Penyiapan Bibit Tanaman Porang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel