√ Mengapa Penyakit Tumbuhan Menyebabkan Kerugian ? - Agribisnis Agrokompleks

Mengapa Penyakit Tumbuhan Menyebabkan Kerugian ?

 Mengapa Penyakit Tumbuhan Menyebabkan Kerugian ?
Penyakit Tumbuhan Menyebabkan Kerugian - Penyakit tumbuhan menimbulkan kerugian lewat beberapa jalan. Penyakit tanaman dapat menyebabkan kerugian langsung pada penanam, karena penyakit mengurangi kuantitas dan kualitas (mutu) hasil, meningkatkan biaya produksi dan mengurangi kemampuan usaha tani.
Mengapa penyakit tumbuhan menyebabkan kerugian

Kerugian tersebut dapat menyebabkan terjadinya serangkaian kerugian tidak langsung yang diderita oleh masyarakat. Para konsumen terpaksa membayar harga yang lebih tinggi. Kerugian para petani menyebabkan pada Bank. Berkurangnya hasil menyebabkan lesunya pengangkutan, ekspor, berkurangnya pajak dan sebagainya.

Selain apa yang sudah disebutkan diatas masih ada kemungkinan lain dengan cara mana penyakit tumbuhan menimbulkan kerugian pada manusia. Karena penyakit dapat menimbulkan kerugian dengan berbagai cara, maka menentukan besarnya kerugian karena suatu penyakit bukanlah pekerjaan yang mudah.

Besarnya kerugian pada penyakit selalu ditanyakan, namun ini adalah pertanyaan yang tidak mungkin dijawab dengan tepat. Pada umumnya laporan-laporan tentang kerugian akibat timbulnya suatu penyakit hanya menyebutkan perkiraan berkurangnya kuantitas hasil.

Sedangkan biasanya kerugian macam ini pun tidak disebutkan dengan teliti karena belum adanya cara tertentu yang dapat dipakai untuk memperhitungkan besarnya kerugian itu. Dengan demikian angka yang dikemukakan pada umumnya hanya merupakan persepsi dan pemberi laporan.


Sumber :

Haryono Semangun (1996). Pengantar Ilmu Penyakit Tumbuhan. Gadjah mada University Press. Yogyakarta.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to " Mengapa Penyakit Tumbuhan Menyebabkan Kerugian ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel