Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Budidaya Ikan Tuna Untuk Pemula

Budidaya Ikan Tuna - Untuk ikan tuna ini termasuk kelompok ikan palagis yang memang sangat terkenal aktif dan juga memiliki pergerakan di air yang begitu leluasa. 

Cara budidaya ikan tuna

Untuk kebiasaan pada ikan tuna ini sering hidup secara bergerombolan pada saat sedang mencari makan, maka itu tidak mengherankan apabila ikan tuna ini memiliki kecepatan renang hingga 50 km/jam.

Ikan ini tersebar luas di perairan tropis dan sub-tropis. Untuk di indonesia tersebar di laut sepanjang pantai utara dan juga timur Aceh hingga selat Maluku. 

Ikan tuna yang terdapat di Indonesia dan sangat mampu untuk dibudidayakan ialah seperti Bullet Tuna, Frigated Tuna, Eastern Little Tunas, Skipjack Tunas, Longtail Tuna, Yellowfin Tuna, Albacore, Bigeye Tuna dan Sounthern Bluefin Tuna.

Dalam hal ini banyak yang menganggap dengan memelihara dan budidaya dari ikan karnivora seperti ikan tuna ini kurang ekonomis dibandingkan dengan membudidayakan ikan omnivora seperti ikan nila.

Namun dengan seiring meningkatnya permintaan di pasar akan ikan jenis karnivora ini, maka budidaya ikan tunas ini mampu memberikan keuntungan yang lebih, meskipun pada nanti saat membudidayakan nya sering mendapatkan kendala seperti dalam hal pemenuhan dari pakan hidup ikan karnivora ini.

Namun apabila jika menekuni dengan serius bisnis budidaya ikan tuna ini maka akan mendapatkan hasil keuntungan yang besar dengan memperhatikan cara budidaya dan teknik budidaya yang baik dan benar.

Metode Dan Media Budidaya Ikan Tuna

Hal yang pertama untuk perlu diperhatikan dalam cara budidaya ikan tuna ialah tentukanlah terlebih dahulu metode dan juga media dari budidaya ikan ini yang nantinya akan digunakan.

Biasanya dan yang paling sering dalam pemeliharaan budidaya ikan tunas ini dengan menggunakan keramba jaring apung, yakni berupa kolam dari jaring-jaring yang sudah ditancapkan ke dasar dan jaraknya beberapa meter dari bibir pantai.

Namun untuk pembudidayaan ikan tuna ini juga bisa dengan menggunakan kolam resirkulasi, pada kolam yang menggunakan sistem resirkulasi tertutup yang membuat ikan tuna sangat sulit untuk dapat meloloskan dirinya dan juga teknik budidaya tidak akan mencemari lingkungan.

Kendala yang harus dihindari dari sistem resirkulasi ialah dengan kebutuhan listrik dan juga biayanya yang terbilang cukup tinggi.

Pengumpulan Benih

Untuk langkah yang kedua dalam cara budidaya ikan tuna ini ialah dengan pengumpulan benih. Pada umumnya benih dari ikan tuna ini dapat diperoleh dari penangkapan di alam dan kemudian dibesarkan di kolam dengan tujuan meningkatkan kandungan lemak pada ikan tuna tersebut yang bisa membuat ikan tuna akan menjadi lebih lezat.

Namun untuk ikan tuna sirip biru, anda hanya bisa mendapatkan benihnya dari induk dari kolam penangkaran, hal ini karena sudah banyak pengembangan pada ikan tuna sirip biru saat ini, namun dengan biaya budidaya yang sangat tinggi dibandingkan dengan budidaya ikan tuna jenis lainnya.

Pemberian Pakan

Selanjutnya adalah dalam hal pemberian pakan ikan tuna, budidaya dari ikan tuna yang baik dan bagus akan membutuhkan setidaknya sekitar 2.000 bibit ikan pada setiap periode dari budidaya dan juga ikan tuna ini akan mengkonsumsi makanan sampai ber ton-ton pakan.

Ikan tuna merupakan ikan karnivora yang akan memakan ikan jenis lain, sebaiknya berilah pakan ikan seperti ikan sarden, ikan pilchard atau ikan teri, karena ikan-ikan tersebut memiliki kandungan lemak yang terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan ikan jenis lainnya.

Panen Ikan Tuna

Untuk yang terakhir dalam teknik budidaya yang berikutnya saat panen ikan tuna. Dalam memanen ikan tuna sebaiknya langsung untuk turun ke dalam keramba jaring tancap dengan para pekerja dan kemudian melemparkan tangkapan ikan-ikan tuna tersebut ke dalam perahu kecil yang sudah disiapkan sebelumnya untuk menampung ikan tuna yang akan di panen.

Lakukanlah sampai ikan tuna dalam keramba tinggal sedikit dan sulit untuk ditangkap, pakailah pancing rawai tuna untuk mendapatkan sisa panen ikan tuna yang sulit ditangkap tersebut.

Itulah informasi tentang cara mudah budidaya ikan tuna untuk pemula mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Mudah Budidaya Ikan Tuna Untuk Pemula"