√ Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner - Agribisnis Agrokompleks

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner
Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner - Bagi kalian yang suka memasak atau berkegiatan di dapur adalah hal yang menyenangkan untuk kalian. Tidak jarang kalian yang suka memasak menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan tambahan atau membuka usaha kuliner ditambah lagi usaha di bidang kuliner ini cukup menguntungkan.
Bisnis kuliner

Sebagimana yang disebutkan tadi, usaha kuliner menjadi usaha yang tidak ada matinya dan menguntungkan. Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia makanan merupakan hal dasar yang harus dipenuhi bagi kelangsungan hidup.

Ketika seseorang kelaparan dan malas masak mungkin mereka akan mengeluarkan uang untuk membeli makanan, inilah mengapa usaha kuliner selalu menjadi salah satu usaha yang paling banyak ditekuni. Mulai dari usaha kuliner pinggir jalan sampai restoran besar dan ternama merupakan sebuah bukti bahwa usaha ini memiliki potensi dan peluang pasar yang menjanjikan.

Omset penjualan usaha kuliner bisa mencapai jutaan perhari nya dengan catatan bahwa usaha kuliner yang di tekuni memiliki konsep yang menarik, lokasinya cukup strategis dan target pasar yang jelas. Nah, jika kalian memiliki hobi dan ingin membuka usaha dibidang kuliner, berikut tips sukses memulai bisnis kuliner.

Tentukan Menu Andalan

Tentukan jenis makanan atau minuman andalan yang mau kalian akan kembangkan, lalu lakukan riset tentang bagaimana kebutuhan konsumen akan menu andalan yang akan kalian kembangkan. Kalian tidak perlu menu yang sangat bervariasi, karena bahkan dengan pilihan yang sedikit, kalian sudah bisa memulai bisnis kuliner.

Nah untuk riset pada konsumen, kalian bisa menggunakan salah satu cara riset kecil-kecilan dengan membuat sampel makanan atau minuman, lalu membawanya saat kumpul bersama teman. Setelah itu, kalian bisa meminta mereka memberikan komentar mengenai makanan atau minuman yang kalian akan kembangkan. Dari situ, kalian bisa menentukan menu yang kalian unggul kan untuk dijual sekaligus memperbaiki kualitas makanan kalian sesuai dengan saran teman.

Lokasi yang Strategis

Nah, lokasi menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan usaha kuliner yang akan kalian kembangkan, karena lokasi yang strategis akan bisa mendatangkan pembeli dalam jumlah yang banyak apalagi bagi kalian yang baru akan memulai terjun dalam bisnis kuliner. Maka faktor lokasi menjadi hal yang harus benar-benar kalian harus pertimbangkan.

Konsep yang Menarik

Di dalam bisnis apapun, sebuah konsep menarik menjadi nilai tambah tersendiri dalam bisnis kuliner. Justru di dalam bisnis kuliner konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Nah, jika kalian inginmembuka usaha dibidang kuliner kalian sebaiknya memikirkan konsep semenarik mungkin dan usahakan konsep tersebut original yang berbeda dari bisnis kebanyakan.

Konsep yang membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya produk apa yang dijual, apa keunikan dari produk tersebut dan pelayanan seperti apa yang ditawarkan. Dengan demikian kalian akan mudah menjaring konsumen. Buatlah konsumen berkesan dengan makanan atau pelayanan dan tempat yang menarik sehingga mereka akan menjadikan tempat makan kalian menjadi salah satu rekomendasi bagi konsumen tersebut.

Target Pasar

Setelah kami memiliki konsep yang menarik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Dalam target pasar dibidang kuliner pada umumnya memang sangat mudah di cari karena kebutuhan konsumen akan makanan dan minuman ditambah lagi jika konsumen malas melakukan aktivitas memasak, jadi bisnis kuliner memang target pasarnya luas, namun jika di tentukan lebih spesifik maka kalian akan dengan mudah menentukan tujuan selanjutnya.

Sebagai contoh jika kalian membuka bisnis kuliner di area kampus, maka target pasar kalian adalah mahasiswa. Jadi kalian dapat membuka warung makan dengan harga yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang menunjang mahasiswa untuk berlama-lama di tempat kalian.

Penentuan target pasar adalah penting agar kalian dapat menentukan kemana arah bisnis kalian dan inovasi apa yang harus kalian lakukan serta perkembangan apa saja yang saat ini populer di kalangan target pasar kalian.

Harga yang Terjangkau

Sudah tidak asing lagi, perilaku konsumen kita yang selalu ingin mendapatkan harga terjangkau namun dengan layanan yang maksimal. Sebagai pebisnis kalian tidak bisa menyalahkan hal tersebut, yang harus kalian lakukan adalah beradaptasi dengan perilaku konsumen dengan membuat usaha kuliner dengan harga terjangkau dan kualitas masakan seperti restoran berbintang.

Dengan begitu kalian telah memiliki alasan pertama yang membuat konsumen membeli kuliner yang kalian kembangkan. Apalagi jika kalian menjual produk kuliner dengan harga terjangkau namun dengan pelayanan yang baik pula sudah dipastikan bisnis kalian akan berkembang lebih cepat, karena kedua poin ini adalah salah satu alasan konsumen untuk membeli.

Itulah informasi tentang tips yang bisa kalian lakukan untuk memulai sebuah bisnis dibidang kuliner, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel