√ Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran - Agribisnis Agrokompleks

Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran

Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran
Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran - Mungkin kalian belum tau bahwa batang pisang atau biasa disebut gedebog dapat dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran secara langsung. Nah, batang pisang ternyata bisa dijadikan media tanam untuk berbagai macam jenis tanaman sayuran yang berumur pendek seperti cabai, bawang merah, bayam, terong, tomat, sawi, pakcoy, kangkung dan jenis sayuran lainnya bisa ditanam menggunakan media batang pisang.
Batang pisang sebagai media tanam sayuran

Batang pisang ternyata mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan media tanam lain, seperti tingginya kandungan pati yang berfungsi sebagai sumber nutrisi tanaman dan juga mengandung mikroorganisme dekomposer lokal yang dapat membentuk kompos secara langsung di dalam batang pisang tersebut.

Selain memberikan sumber nutrisi batang pisang juga mengandung senyawa yang berperan untuk mendorong tumbuhnya serabut akar pada tanaman yang disebut seperti Antrakuinon Saponin dan Flavonoid, sehingga akar tanaman dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Ditambah lagi dengan kandungan kadar airnya yang tinggi yaitu sekitar 80%, untuk itu jika kalian menggunakan batang pisang sebagai media tanam kalian tidak perlu lagi dilakukan penyiraman yang rutin sehingga dapat menghemat kebutuhan air untuk penyiraman.
Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran
Sumber : webblogkkn.unsyiah.ac.id

Nah, untuk menggunakan batang pisang sebagai media tanam kalian perlu melakukan beberapa tahapan agar bisa membuat tanaman tumbuh subur, untuk itu berikut tahapan yang bisa kalian lakukan untuk membuat batang pisang sebagai media tanam sayuran.

Pertama kalian lakukan memilih batang pisang sebagai media tanam terlebih dahulu, kemudian kalian potong batang pisang dan sesuaikan panjang batang pisang dengan kebutuhan kalian. kalian juga bisa tidak memotongnya akan tetapi jika kalian memotongnya bisa terlihat lebih rapi.

Setelah kalian sudah mempunyai batang pisang, lalu kalian berikan lubang pada batang pisang yang sudah disediakan, kalian buat lubang dengan diameter 5 cm selanjutnya buat kedalaman 10 cm serta jangan lupa kalian berikan jarak antar lubang perkiraan sekitar 15-20 cm.

Selanjutnya jika sudah diberi lubang semuanya kalian tinggal membuat media tanahnya, kalian bisa memberikan media tanah dengan campuran, kotoran hewan dan sekam padi, untuk perbandingan tanah campurannya kalian bisa menggunakan 2:1:1 lalu aduk rata media tanah tersebut dan masukkan kedalam lubang batang pisang yang sudah kalian buat tadi.

Nah, jika sudah dipersiapkan semuanya tinggal kalian memasukkan benih tanaman yang kalian mau tanam kedalam lubang batang pisang tadi lalu tutup kembali dengan tanah. Untuk perawatan tanaman kalian tinggal merawat secara rutin, kalian bisa menyemprotkan tanaman menggunakan pupuk cair organik setiap 5 hari sekali dan diselingi dengan pengendalian hama serta pembersihan gulma bila perlu.

Itulah informasi tentang tahapan dalam pembuatan media tanam sayuran dari batang pisang, jika kalian melakukannya dengan baik dan benar maka hasilnya pun akan maksimal, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel