Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pola Tanam yang Baik Digunakan Dalam Budidaya Jagung

Pola Tanam Budidaya Jagung - Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan pengganti beras yang digolongkan dalam tanaman biji-bijian. 

Pola tanam dalam budidaya jagung

Selain bijinya tanaman jagung juga memiliki manfaat seperti daun, batang, klobot dan janggelnya untuk digunakan sebagai bahan pakan untuk ternak.

Manfaat lainnya untuk tanaman jagung seperti batang dan daun telah tua yang didapatkan saat telah panen dapat digunakan sebagai pupuk hijau atau kompos. 

Selain itu, batang dan daunnya juga dapat digunakan menjadi pulp (bahan kertas) dan lanjaran (turus). Tentunya, buahnya menjadi bahan pangan untuk dikonsumsi.

Dalam buddiaya tanaman jagung pun tidak sulit untuk dilakukan jika kalian sudah memahami pola tanam yang baik. Kunci keberhasilan dari menanam tumbuhan ini adalah kesuburan tanah, kualitas benih, dan pemeliharaan yang tepat.

Penanaman adalah langkah awal untuk melakukan budidaya. Dalam melakukan budidaya tanaman jagung kalian harus memerhatikan beberapa hal agar menghasilkan jagung dengan kualitas yang baik salah satunya adalah pola tanam. 

Untuk pola tanam yang baik untuk budidaya tanaman kalian bisa menggunakan yang terdiri dari dua pola yaitu pola polikultur dan pola monokultur. Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang pola tanam yang baik dalam budidaya tanaman jagung.

Pola Polikultur

Dalam budidaya tanaman jagung menggunkan pola polikultur, kalian bisa mmenggabungkan jenis tanaman lainnya dengan tanaman jagung dalam suatu wilayah budidaya kalian, untuk kelebihan menggunakan pola tanam polikultur adalah kalian bisa mendapatkan hasil panen selain jagung sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

Tetapi dalam pola polikultur ini ada juga kekurangannya, utnuk kekurangan menggunakan pola tanam polikultur adalah tanaman kalian bisa terkena serangan hama dan penyakit cenderung lebih banyak karena perawatan tanaman tidak bisa seintensif pola monokultur, dan hasil produksi yang kalian dapatkan juga sedikit karena kalian melakukan penanaman dengan berbagai jenis tanaman.

Nah, dalam pola polikultur ini kalian bisa budidaya tanaman jagung menggunakan tiga jenis metode yang salah satunya dengan cara pola tumpang sari (intercropping), dengan metode ini kalian bisa melakukan penanaman tanaman lebih banyak atau bisa dariberbagaijenis tanaman dalam lebih dari satu yang memiliki umur yang sama di satu wilayah.

Untuk selanjutnya kalian bisa menggunakan pola tumpang gilir (relay planting), dimana pola ini kalian bisa melakukan penanaman dengan cara menyisipkan satu atau beberapa jenis tanaman dalam waktu yang berbeda. 

Kemudian pola tanam polikultur selanjutnya kalian bisa menggunakan pola tanam campuran (mixed cropping), yaitu pola penanaman jagung yang dilakukan dengan beberapa tanaman lainnya tanpa diatur jarak tanam ataupun larikannya. 

Sebagai kesimpulannya jika menngunakan pola polikultur ini kalian bisa menggabungkan tanaman lain yang sejenis dalam satu wilayah tanam.

Pola Monokultur

Untuk melakukan budidaya tanaman jagung menggunakan pola monokultur, kalia hanya menanam tanaman jagung dalam satu wilayah tanam saja, dengan melakukan pola tanam monokultur ini kalian memiki kelebihan yaitu dapat meminimalisir dengan mudah serangan hama dan penyakit berbeda dengan pola polikultur. 

Mengapa demikian? karena dengan budidaya tanaman jagung menggunakan pola monokultur kalian hanya menanam tanaman jagung di satu wilayah dan tidak menggabungkan dengan tanaman lain, oleh karena ini penanganannya dalam budidaya tanaman jagung dengan menggunakan pola ini tidak sulit. 

Kalian juga bisa menghasilkan produksi tanaman jagung lebih tinggi karena pertumbuhan yang optimal. Namun ada juga kekurangan dalam pola monokultur ini yaitu kalian hanya mendapatkan pendapatan hanya satu jenis tanaman sehingga pendapatan hanya tergantung dari harga jagung di pasaran.

Itulah informasi tentang pola tanam yang baik dgunakan dalam budidaya tanaman jagung, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Pola Tanam yang Baik Digunakan Dalam Budidaya Jagung"