Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Bunga Buah Naga Menjadi Buah

Cara Mengatasi Bunga Buah Naga Menjadi Buah - Buah naga merupakan buah yang termasuk ke dalam jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari daerah Amerika tropis, yaitu Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buah naga sekarang ini sudah banyak di dibudidayakan di benua asia termasuk Negara Indonesia.

Mengatasi bunga buah naga menjadi buah

Saat dibawa ke Asia pertama kali ke Vietnam di tahun 1870, tanaman buah naga dianggap sebagai tanaman hias. Bahkan di Vietnam dan Cina menggangap dalam budidaya buah naga bisa membawa berkah. 

Karena itu, buah ini selalu diletakkan di tengah-tengah patung naga yang berwarna hijau di meja altar. Buah yang berwarna merah ini akan sangat terlihat mencolok di antara patung naga yang berwarna hijau dan kebiasaan inipun akhirnya buah ini dikenal sebagai buah naga.

Buah naga merupakan buah yang cukup populer karena selain penampilannya yang menarik, buah naga memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Karena itu, banyak petani yang tertarik untuk mengembangkan tanaman buah naga.

Namun, petani pemula biasanya pernah mengalami kegagalan saat mengembangkan tanaman buah naga karena bunga pada buah naga yang tumbuh biasanya tidak menjadi buah. Hal ini terkadang mengherankan karena mereka sudah menanam dan merawat tanaman ini dengan baik.

Mereka juga sudah mengikuti cara menanam buah naga. Bunganya juga sudah banyak yang tumbuh di pohon. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kenapa bunga buah naga gagal menjadi buah, berikut kami akan memberikan informasi tentang cara mengatasi bunga buah naga menjadi buah.

Melakukan Pemangkasan

Salah satu alasan yang umum menjadi penyebab bunga buah naga tidak mau berubah menjadi buah yaitu petani tidak melakukan pemangkasan. 

Padahal, tanaman ini perlu pemangkasan pada cabang-cabangnya agar tidak ada cabang tanaman yang tumbuh menjadi terlalu panjang. 

Cabang tanaman yang tumbuh terlalu panjang akan mengambil nutrisi tanaman yang seharusnya digunakan untuk pembentukan buah. Untuk itu, tanaman buah naga harus rutin dipangkas cabangnya.

Serangan Hama

Batang dari tanaman buah naga memang relatif lebih kebal terhadap hama tetapi bunga pada buah naga tidak kebal seperti batangnya yang kerap mendatangkan hama dan biasanya bunga pada buah naga akan gugur jika mendapatkan serangan dari hama. 

Biasanya, hama yang menyerang bunga buah naga akan memakan bakal buah yang baru terbentuk sehingga menyebabkan bunga buah naga akan gagal berubah menjadi buah.

Cara yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengendalian hama, misalnya dengan pestisida. Cara mengatasi hama tanpa pestisida juga bisa diterapkan. Anda bisa juga terapkan cara mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan.  

Faktor Alam

Ada juga beberapa faktor yang berada di luar kuasa manusia karena ada juga faktor alami yang menyebabkan bunga pada buah naga akan gugur, misalnya cuaca ekstrim, hujan yang terlalu besar dan sering, dan lain-lain. 

Bunga yang basah akan kesulitan untuk melakukan penyerbukan. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini yaitu menggunakan penutup plastik untuk melindungi bunga buah naga.

Sinar Matahari

Seperti kita tahu, tanaman membutuhkan sinar matahari untuk bisa melakukan proses fotosintesis. Proses ini akan membuat tanaman mampu untuk membuat dan menyimpan sendiri cadangan makanannya.

Namun, jika dalam budidaya buah naga tidak terkena sinar matahari, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik dan bunganya gagal untuk menjadi buah. 

Kesalahan yang umum dilakukan yaitu tanaman terhalang tumbuhan lain yang lebih besar atau dirambatkan pada tanaman besar dan pagar yang tertutup.

Itulah informasi tentang cara mengatasi bunga buah naga menjadi buah, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Mengatasi Bunga Buah Naga Menjadi Buah"