√ Cara Menanam Ubi Jalar di Halaman Rumah - Agribisnis Agrokompleks

Cara Menanam Ubi Jalar di Halaman Rumah

Cara Menanam Ubi Jalar di Halaman Rumah
Menanam Ubi Jalar di Halaman Rumah - Menanam ubi jalar di halaman rumah kalian sangat mudah, terutama jika kalian tinggal di daerah yang setidaknya cukup membutuhkan sinar matahari. Meskipun, saat ini ada beberapa varietas ubi jalar yang tersedia yang dapat ditanam dengan sukses di daerah yang dingin.

Ubi jalar dikenal dengan banyak nama lokal yang berbeda di berbagai belahan dunia yang biasa disebut 'Yam' di beberapa bagian Amerika Utara dan disebut 'Batata' di Argentina, Republik Dominika, Puerto Riko, dan Venezuela. tanaman ubi jalar juga dikenal dengan banyak nama berbeda lainnya seperti Camote, Kumar, Kumara, Ipomoea Batatas, Shakarkandi, Misti Alu, dll.

Untuk menanam ubi jalar kalian sebenarnya tidak perlu ekstra perawatan untuk menikmati tanaman yang satu ini. Hanya menanam beberapa tanaman di halaman rumah kalian dapat menghasilkan panen yang banyak.

Ada banyak keuntungan untuk menanam ubi jalar di halaman rumah kalian. Tanaman ubi jalar tidak hanya sangat mudah tumbuh tetapi juga mereka tahan kekeringan dan panas serta tanaman ini memiliki lebih sedikit hama atau penyakit. Jadi, kalian harus mempertimbangkan menanam ubi jalar di halaman rumah kalian.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, menanam ubi jalar di halaman rumah adalah super mudah dan sederhana. Di sini kami menjelaskan semua langkah untuk menanam ubi jalar di halaman rumah dari menanam, merawat hingga bisa kalian panen.

Pilih Varietas

Pertama-tama, pilihlah beragam ubi jalar yang tumbuh baik di daerah kalian. kalian dapat berkonsultasi dengan beberapa tukang kebun di daerah kalian untuk saran yang kualitas varietas yang baik untuk ditanami di daerah kalian. 

Beberapa varietas ubi jalar yang populer dan terkenal adalah Beauregard, Bunch Porto Rico, Centennial, Georgia Jet, Permata, Patriot, Ruddy, Stokes, dan Vardaman.  Ada juga banyak varietas berbeda yang tersedia di berbagai belahan dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak varietas yang bisa kalian dapatkan di daerah masing-masing. Tinggal bagaimana kalian harus memilih varietas tergantung pada ketersediaan di wilayah kalian.

Slip Ubi Jalar

Seperti banyak sayuran umum lainnya, ubi jalar tidak dimulai dengan biji. Mereka mulai dari slip yang merupakan potongan umbi berakar kecil yang diiris langsung dari ubi jalar. Jadi, kalian harus mengumpulkan slip untuk menanam ubi jalar. Kalian dapat membeli slip dari pembibitan, pusat taman atau dari petani lokal terdekat. Kalian juga dapat membuat slip sendiri loh.. untuk menanam ubi jalar.

Mempersiapkan Lahan

Kalian sebenarnya tidak perlu memiliki tanah yang sangat subur untuk menanam ubi jalar. tanaman ubi jalar hanya akan tumbuh baik di semua jenis tanah berkualitas buruk. Tapi hindari tanah liat untuk menanam ubi jalar, karena tanah liat bisa menghasilkan akar yang kurang baik. Kemudian kalian juga harus mempersiapkan tambahan pupuk kandang atau kompos sebagai campuran tanah nantinya di lahan halaman rumah kalian.

Penanaman

Ubi jalar ditanam dengan cara membenamkan 2/3 slip batang kedalam tanah. Dalam satu bedengan terdapat dua baris tanaman. Jarak antar tanaman dalam satu baris 30 cm dan jarak antar baris 40 cm dan usahakan jaga kelembaban tanah. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari pada slip yang baru ditanam.

Perawatan

Menanam ubi jalar di halaman rumah kalian akan membutuhkan lebih sedikit perawatan. Meskipun beberapa perawatan akan menghasilkan hasil yang baik dan pertumbuhan tanaman yang lebih baik.

Panen

Tergantung pada varietasnya, kalian mungkin dapat mulai panen setelah 3-4 bulan sejak penanaman. Umumnya waktu terbaik untuk mulai panen, ketika daun dan ujung tanaman merambat sudah mulai menguning.

Itulah informasi tentang cara menanam ubi jalar di halaman rumah, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menanam Ubi Jalar di Halaman Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel