√ Cara Budidaya Ikan Nila yang Baik Untuk Pemula - Agribisnis Agrokompleks

Cara Budidaya Ikan Nila yang Baik Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila yang Baik Untuk Pemula
Budidaya Ikan Nila - Pada umumnya dalam budidaya ikan nila sangat mudah dilakukan apalagi budidaya ikan nila adalah salah satu peluang bisnis yang layak untuk kalian coba karena budidaya ikan nila cukup menguntungkan, banyak peminat ikan nila karena rasanya bahkan lebih lezat dari pada lele dan mujair. 
Cara Budidaya Ikan Nila yang Baik Untuk Pemula

Ikan nila termasuk dalam perikanan air tawar yang bisa kalian temukan di sungai, waduk, danau dan rawa. Ikan nila juga termasuk dalam jenis pemakan segalanya, pakan alaminya terdiri dari plankton-plankton, tumbuhan air dan berbagai hewan air lainnya.

Akan tetapi dalam dalam budidaya ikan nila masih banyak masyarakat yang perlu perlu pengetahuan dalam budidaya ikan nila tersebut agar bisa menghasilkan ikan nila yang berkualitas, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara budidya ikan nila yang baik untuk pemula.

Menyiapkan Kolam Ikan Nila 

Dalam budidaya ikan nila kalian perlu menyiapkan kolam terlebih dahulu, kalian bisa menggunakan berbagai jenis kolam seperti kolam tanah, kolam semen, kolam terpal dan jaring apung. Untuk lebih mudah kalian bisa menggunakan kolam tanah karena pembuatan kolam tanah cukup mudah dan dana yang dikeluarkan sedikit. Bahkan dalam pembuatan kolam tanah bisa memberikan pakan alami untuk ikan nila tersebut.

Memilih Benih Ikan Nila 

Benih sangat menentukan faktor keberhasilan dalam budidaya ikan nila untuk itu kalian harus memilih benih yang berkualitas untuk menghasilkan ikan nila yang berkualitas nantinya. Kalian bisa memilih jenis benih ikan nila dengan kelamin jantan karena pertumbuhannya dua kali lebih cepat dibanding jenis benih ikan nila betina. 

Untuk itu kalian harus memilih memilih ikan nila jantan ketimbang betina, agar proses perkembangbiakan lebih cepat dan hasilnya lebih banyak. Tapi kalian juga jangan mencampur banyak ikan betina dan ikan jantan dalam satu kolam karena ikan nila memiliki sifat memijah atau melakukan perkawinan, karena proses pemijahan ini akan membuat bobot ikan nila terhambat karena kehabisan energi. 

Penebaran Benih Ikan Nila Dalam Kolam 

Sebelum melakukan penebaran benih ikan nila kedalam kolam terlebih dahulu kalian lakukan adaptasi agar benih ikan nila terbiasa dengan kondisi kolam, caranya dengan memasukkan air kolam ke tempat wadah benih ikan nila lalu diamkan selama beberapa jam, setelah itu tinggal kalian masukkan ke kolam tanah. Kalian juga harus memperhatikan kondisi kolam.
  

Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan ikan nila kalian bisa mengunakan pelet dengan kadar protein 20-30% dan pemberian pelet tersebut berkisar 2-3% dari berat populasi, untuk waktu pemberian bisa kalian berikan pada waktu pagi dan sore hari.

Bisa juga kalian memberikan pakan buatan untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan yang terdiri dari dedak halus 26 gram, tepung jagung 8 gram, tepung ikan 30 gram, tepung benewa 2 gram, bungkil 10 gram, tepung terigu 22 gram, vitamin 1,5 gram dan air secukupnya. 

Untuk membuatnya kalian tinggal memasukkan semua bahan tersebut ke dalam waduh kemudian aduk hingga merata lalu tambahkan air dan aduk sampai adonan berbentuk pasta. Bila sudah, gunakan penggilingan daging yang memiliki ukuran 3-5 mm lalu buatlah pellet seperti biasanya. Bilah sudah, letakkan di wadah lebar dan jemur di bawah terik matahari atau gunakan oven. Berikan pakan ini dua kali sehari secukupnya.

Masa Panen Ikan Nila 

Untuk masa panen biasanya ikan nila bisa dipanen di umur 4 sampai 6 bulan. Di usia tersebut bobot ikan nila sudah bisa mencapai 300-500 gram per ekor. Pada umumnya untuk melakukan budidaya ikan nila tergolong cepat untuk masa panennya tinggal bagaimana cara kalian melakukan perawatan terhadap usaha budidaya ikan nila dan jika berhasil tentu saja kalian bisa panen setiap bulan, bila usaha tersebut sudah mulai berkembang nantinya.

Itulah informasi tentang cara budidaya ikan nila yang baik dan benar untuk pemula, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Nila yang Baik Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel