Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unit Penangkapan Ikan Unggulan

Unit Penangkapan Ikan Unggulan - Unit penangkapan ikan unggulan ialah tipe unit penangkapan ikan yang mempunyai performance yang baik ditinjau dari aspek teknik, ekonomi, sosial dan lingkungan sehingga unit penangkapan ikan sesuai untuk diterapkan di perairan. Penentuan unit penangkapan ikan unggulan umumnya dicoba dengan memakai tata cara skoring (Silaban et al. 2017). 

Unit penangkapan ikan unggulan

Unit penangkapan ikan unggulan bisa dinilai bersumber pada kriteria evaluasi sebagai berikut: secara biologi tidak mengusik/ mengganggu kelestarian sumber daya ikan, secara teknis efektif digunakan, secara sosial bisa diterima warga serta secara ekonomi menguntungkan. 

Evaluasi terhadap kriteria yang bernilai kualitatif dicoba secara subyektif dengan membagikan skor. Kriteria yang bernilai kuantitatif tidak dicoba skoring melainkan bersumber pada nilai obyektif yang diperoleh di lapangan serta urutan prioritas bersumber pada nilai paling tinggi (Haluan dan Nurani 1988 dalam Kholis et al. 2017). Evaluasi kriteria aspek hayati serta teknis dicoba secara obyektif bersumber pada informasi lapangan. 

Aspek biologi yang dinilai berhubungan dengan efektifitas serta selektivitas unit penangkapan ikan ialah dimensi panjang (size) ikan yang tertangkap (cm/ekor) serta jumlah hasil tangkapan (kilogram). 

Aspek teknis yang dinilai berhubungan dengan efisiensi pengoperasian unit penangkapan ikan ialah produksi per trip (kilogram/trip) serta penciptaan per tenaga kerja (kilogram/trip/tenaga kerja). 

Aspek sosial yang dinilai berhubungan dengan reaksi penerimaan warga terhadap unit penangkapan ikan serta penyerapan tenaga kerja (orang/trip). Aspek ekonomi dinilai secara obyektif lewat hasil perhitungan kelayakan usaha (Simbolon et al. 2011).

Sumber :

  1. Kholis MN, Wahju RI, Mustaruddin. 2017. Seleksi Unit Teknologi Penangkapan Ikan Kurau Eleutheronema tetradactylum yang Unggulan dan Berkelanjutan. J Ilmu dan Teknologi Tropis. 9(2):521-535.
  2. Simbolon D, Purbayanto A, Astarini JA, Simanungkalit W. 2011. Eksplorasi Teknologi Tepat Guna dalam Penangkapan Kakap Putih (Lates calcarifer) di Kabupaten Mimika. JTPK. 1(2):11-23.

Post a Comment for "Unit Penangkapan Ikan Unggulan"