√ Konsep Strategi Pengembangan Usaha - Agribisnis Agrokompleks

Konsep Strategi Pengembangan Usaha

Konsep Strategi Pengembangan Usaha
Konsep Strategi Pengembangan Usaha - Menurut Kotler (1997), hasil analisis faktor internal dan eksternal dapat dipakai untuk mengetahui posisi dan menyusun strategi pengembangan usaha kedepan. Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan dalam suatu usaha dalam kaitannya dalam tujuan jangka panjang, program tidak lanjut dan prioritas lokasi sumberdaya (Chandler, 1962 dalam Rangkuti, 2006), selanjutnya menurut Porter (1998), strategi adalah alat penting untuk mendapatkan keunggulan bersaing.
Strategi pengembangan usaha

Strategi pengembangan usaha yang baik berasal dari perencanaan strategis yang baik pula, yaitu suatu proses analisis, perumusan dan evaluasi strategi-strategi, dimana tujuan utama dari dari perencanaan strategis adalah mencari kesesuaian aktivitas-aktivitas usaha dengan kondisi internal-eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha. 

Jadi strategi dalam pengembangan suatu usaha penting untuk memperoleh keunggulan bersaing dan menghasilkan output sesuai dengan permintaan pasar dengan dukungan optimal dari sumberdaya yang ada (Rangkuti, 2006).

Teknik perumusan strategi yang penting menurut David (2002) dapat dipadukan menjadi kerangka kerja pembuatan keputusan tiga tahap, yaitu: (1) tahap input, (2) tahap mencocokkan, dan (3) tahap keputusan. Tahap input merupakan tahap analisis lingkungan, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam dalam prosedur analisis lingkungan adalah: (1) menentukan relevansi karena tidak semua faktor lngkungan berpengaruh pada suatu usaha dan (2) menentukan tingkat relevansi dari issu strategi (strategic issue), yaitu faktor lingkungan yang mempengaruh besar terhadap usaha. 

Tahap mencocokkan, mencocokkan faktor-faktor strategis internal dan eksternal merupakan kunci efektif menghasilkan alternatif strategi yang layak. Tahap keputusan, tahap keputusan menjadi penting jika ada beberapa alternatif strategi dalam pengembangan usaha. Pada umumnya strategi yang terpilih adalah strategi memiliki peringkat tertinggi atau yang diramalkan dapat memenuhi tujuan dari suatu usaha secara optimal.




Sumber : 

David F. R. 2002. Manajemen Strategis: Konsep. Penerjemah: Widyantoro A. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Prenhallindo, Jakarta.

Porter, M. E. 1990. The Competitive Advantage of Nations. The Free Press, A Division of Macmillan, Inc., New York.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Konsep Strategi Pengembangan Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel