√ Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar - Agribisnis Agrokompleks

Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar
Budidaya Tanaman Pisang - Tanaman Pisang ialah salah satu tanaman yang lazim ditemui di lingkungan kita, pisang dapat tumbuh di berbagai lokasi dan hanya membutuhkan perawatan yang sederhana. Pada umumnya tanaman pisang termasuk dalam suku besar Musaceae, dan banyak jenis spesies dari suku ini terdapat di Indonesia dan hampir semuanya bisa dikonsumsi sebagai buah.
Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar

Tanaman pisang banyak digemari karena memiliki kandungan dan manfaat bagi kesehatan, dan sudah dikenal oleh masyarakat di Indonesia banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti kue, puding, es pisang ijo, hingga gorengan. Selain manfaat yang banyak tanaman pisang juga tahan lingkungan dan mampu tumbuh dengan baik pada setiap kondisi lahan.

Peluang bisnis tanaman pisang juga cukup menjanjikan karena banyaknya kebutuhan konsumen dalam hal pengolahan pisang menjadikan tanaman pisang ini bisa menjadi peluang yang cukup baik untuk meningkatkan perekonomian.

Dalam budidaya tanaman pisang sebenarnya tidak membutuhkan perhatian yang khusus tetapi jika kalian ingin membudidayakan tanaman pisang dengan kualitas yang lebih baik lagi maka dari itu berikut ini kam akan memberikan informasi tentang tahapan cara budidaya tanaman pisang yang baik dan benar agar mendapatkan keuntungan yang maksimal,

Menyiapkan Bibit Pohon Pisang

Untuk penyiapan bibit tanaman pisang bisa dilakukan dengan beberapa metode yaitu dengan cara perbanyakan dengan anakan, dengan kultur jaringan dan perbanyakan dengan mini anakan. Kebanyakan ketiga metode tersebut metode perbanyakan anakan indukan paling mudah dilakukan, kalian tinggal memilih anakan pisang yang tingginya antara 40 – 100 meter dan daunnya masih berbentuk memanjang seperti pedang. Pilih anakan pisang dari induk yang sudah panen dan terbebas dari penyakit.

Media Dan Lahan Menanam Pisang

Media dan lahan penanaman tanaman pisang dalam hal ini sangat penting dilakukan agar bisa menghasilkan tanaman pisang yang berkualitas dan mendapatkan nilai ekonomis tinggi. Untuk lahan penanaman pisang terlebih dahulu dibersihkan dari rumput dan gulma yang bisa mengganggu tanaman pisang nantinya.

Setelah lahan dibersihkan kemudian lakukan penggemburan tanah di lahan tersebut, ini bertujuan untuk pertumbuhan tanaman pisang. Kemudian lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik taburkan ke tanah yang sudah digemburkan lalu diamkan selama beberapa hari. Jangan lupa untuk membuat drainase karena tanaman pisang juga membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhan.

Teknik Menanam Pisang

Untuk teknik menanam tanaman pisang itu sendiri kalian bisa lakukan dengan cara menggunakan jarak tanam yang cukup renggang, kalian juga bisa menanam dengan cara metode tumpang sari yaitu dengan sela-sela atau jarak pohon pisang dapat ditanami dengan tanaman lain untuk mendapatkan hasil yang lebih. Untuk tanaman yang dijadikan tumpang sari bisa menggunakan sayuran yang cepat pertumbuhannya.

Untuk metode penanaman tanam pisang kalian bisa membuat lubag dengan ukuran 50x50 cm dengan kedalaman juga 50 cm dengan jarak tanam kurang lebih 3 meter antara satu pohon dengan pohon yang lain. Untuk waktu tanam kalian sebaiknya menanam tanaman pisang menjelang musim hujan, tetapi jika kalian ingin menghasilkan tanaman yang baik, kalian bisa membuat drainase maka dengan cara itu kalian bisa menanam tanaman pisang sepanjang waktu dan hasilnya pun bisa menjadi baik.

Pemeliharaan Pohon Pisang

Dalam budidaya tanaman pisang kalian juga harus melakukan perawatan, untuk itu kalian perlu melakukan perawatan secara teratur dengan melakukan penjarangan dan penyiangan. Sebaiknya kalian melakukan penjarangan tanaman pisang dalam satu rumpun kalian pelihara 3 sampai 4 anakan saja.

Untuk pemeliharaan kalian tinggal memotong batang pisang yang kondisinya kurang baik dan pilih batang pisang yang kondisinya baik dan kuat. Kalian juga harus melakukan penyiangan untuk mengendalikan populasi rumput dan gulma yang bisa merusak pertumbuhan tanaman isang, lakukan juga penggemburan tanah. Rata-rata akar pisang berada 15 cm dibawah permukaan tanah, ini dapat dijadikan pertimbangan kedalaman penyiangan yang dilakukan.

Itulah informasi tentang cara budidaya pisang yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Responses to "Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel