Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Kentang Agar Hasil Panen Melimpah

Menanam Kentang Agar Hasil Panen Melimpah - Cara menanam kentang yang benar adalah modal awal yang diperlukan agar budidaya kentang menjadi sukses dan hasil panen melimpah.

Cara Menanam Kentang Agar Hasil Panen Melimpah

Kentang adalah salah satu bahan makanan umbi yang sudah sangat terkenal. Bahan makanan ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap sayur. Selain itu, kentang yang mengandung banyak karbohidrat juga sering dijadikan pengganti nasi untuk anda yang sedang diet.

Tanaman kentang merupakan tanaman yang mudah tumbuh karena tanaman ini tak mudah mati meski Anda lalai menyiramnya atau memupuknya dengan kompos. 

Untuk membuat tanaman kentang tumbuh subur dan umbinya bisa segera dipanen Anda hanya perlu memastikan tiga hal saja, yaitu adanya sinar matahari dari pagi hingga sore, tanah yang subur, dan penyiraman dengan air yang cukup sebanyak seminggu sekali.  

Anda bisa menanam kentang di beberapa media, seperti di dalam pot atau di tanah pekarangan. Untuk anda yang ingin menanam kentang, maka ada beberapa tahapan penanaman yang harus dilakukan. Adapun beberapa tahapan tersebut adalah sebagai berikut.

Persiapan Bibit Kentang

Untuk menanam kentang langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit kentang Karena penanaman ini dari umbi-umbian, carilah kentang  tua yang tentunya berkualitas tinggi.

Saat umbi kentang siap disemai, biarkan  di tempat yang sejuk dan cerah selama sekitar 7-14 hari. Selama ini kentang tampak membentuk tunas baru.

Saat pucuk muncul, jangan langsung menanamnya. Tunggu beberapa saat hingga pucuk mencapai ketinggian sekitar 5-10 cm. Untuk menumbuhkan pucuk ini, anda dapat menyiramnya secara teratur.

Persiapan Lahan

Jika tinggi pucuk kentang 5-10 cm, ini tandanya kentang sudah bisa ditanam. Dalam hal ini, anda perlu menyiapkan tanah untuk penanamannya. Menanam kentang dalam pot atau polibag bisa dilakukan saat tidak ada tanah

Namun, hasil penanaman langsung di lahan tanah akan cenderung lebih maksimal dan tentu saja lebih melimpah saat panen. Oleh karena itu, penanaman bibit di lahan secara langsung cenderung lebih direkomendasikan.

Jika lahan sudah tersedia, maka langkah yang dilakukan adalah perawatan pada lahan tersebut. Adapun cara merawat lahan untuk penanaman kentang yaitu pertama-tama gemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan sekop ataupun cangkul.

Kemudian tambahkan pupuk organik sesuai dengan keadaan dan jenis tanah. Pupuk ini nantinya selain membuat tanah subur juga bermanfaat agar tanaman kentang terjaga. Selanjutnya, buatlah tanah menjadi lembab terlebih dahulu dengan tujuan pupuk bisa tercampur dengan baik.

Penanaman Kentang

Saat lahan sudah siap, tahap selanjutnya yaitu penanaman kentang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal penanaman yang tepat. Tentunya penanaman ini  penting dilakukan dengan hati-hati, agar buahnya besar dan melimpah.

Untuk penananam kentang yang perlu anda perhatikan yaitu, buat saluran drainase yang benar dengan kedalaman saluran sekitar 10 cm  agar tidak meluap saat penyiraman.

Selanjutnya, siapkan bibit kentang yang sudah memiliki tunas tersebut. Jika satu umbi ada dua tunas, maka potong kelebihannya secara terpisah, kemudian buat gundukan pada tanah terlebih dahulu dan jangan lupa membuat lubang dengan jarak sekitar 15 cm dan masukkan umbi kentang tersebut.

Perawatan Tanaman Kentang

Bibit kentang yang sudah ditanam harus mendapatkan perawatan. Perawatan tersebut akan menghindarkan tanaman kentang dari serangan hama dan pnyakit agar hasil panen nantinya akan melimpah.

Perawatan yang dilakukan pasca menanam tersebut sebenarnya cukup simple dan mudah. Perawatan bisa dilakukan dengan pemupukan dan penyiraman secara teratur. Dengan kedua hal ini, tanaman kentang akan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain itu, hal lain terkait perawatan yang harus dilakukan adalah pembersihan lahan dari tanaman lain. Tanaman yang tumbuh di sekitar tanaman kentang bisa menjadi gulma yang merugikan dan membuat tanaman kentang yang ditanam terancam kurang sehat.

Sebagai tambahan, dalam cara menanam kentang, ketika batang kentang sudah bertumbuh dan tinggi, maka anda harus memotongnya. Potong batang kentang tersebut hingga bersisa 10 cm saja. Ini dilakukan untuk menjaga kondisi buah kentang tanaman tersebut.

Panen Kentang

Jika perawatan kentang dilakukan dengan benar, maka hasil panen kentang pasti akan tumbuh subur dan melimpah. Selain itu, harga jual kentang  di pasaran juga sangat tinggi.

Waktu panen tanaman kentang tersebut secara umum bisa dilakukan pada minggu ke-2 hingga ke-3 setelah tanaman berbunga, biasanya kentang sudah bisa dipanen. 

Jika Anda menginginkan kentang yang matang sempurna, tunggu sampai bunga layu dan mati. Bunga layu pertanda umbi di bawahnya sudah mencapai tingkat kematangan sempurna.

Itulah informasi tentang cara menanam kentang agar hasil panen melimpah, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Menanam Kentang Agar Hasil Panen Melimpah"