Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Kacang Tanah Agar Panen Melimpah

Budidaya Kacang Tanah - Kacang tanah merupakan tanaman yang sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. Biasanya, budidaya tanaman kacang tanah dilakukan di sawah atau tegalan, dalam sistem tumpang sari maupun rotasi tanaman. 

Cara Budidaya Kacang Tanah Agar Panen Melimpah

Sebagai bahan pangan, biji kacang tanah memiliki manfaat yang sangat banyak bagi makanan manusia, makanan ternak, bahan minyak goreng dan kandungan proteinnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut 5 langkah budidaya kacang tanah agar panen banyak.

Pola Pergiliran Tanaman 

Pergiliran tanaman sering disebut juga rotasi tanaman, tahap ini perlu direncanakan sebelum budidaya tanaman kacang dilakukan, untuk mengurangi hama dan penyakit.

Pemilihan Varietas 

Kerugian yang sering dialami petani ialah salah dalam memilih benih dengan berbagai macam varietas yang ada.

Jika mau melakukan budidaya kacang tanah, pastikan sifat varietas tersebut memenuhi kriteria produktivitasnya tinggi, kualitas produktivitas bagus, tahan terhadap hama dan penyakit, serta umur genjah.

Pengolahan Tanah 

Tanah sisa tanaman padi atau lainnya harus diolah kembali, agar tanah selalu gembur, kelembaban cukup, dan peredaran udaranya baik. 

Sisa-sisa tanaman yang ada harus dibabat, lalu dibenamkan ke dalam tanah dengan membalikkan permukaan tanah. Paling penting juga keadaan drainase tanah harus selalu diperhatikan, agar air bisa meresap dengan lancar.

Cara Penanaman 

Pada tanah yang subur, benih kacang tanah ditanam dengan jarak tanam yaitu (40 x 15) cm atau (30 x 20) cm. Sedangkah pada tanah yang kurang subur dapat ditanam lebih rapat yaitu dengan jarak tanam (40 x 10) cm, atau (20 x 20) cm. 

Lubang tanamnya sedalam 3 cm dengan cara ditugal. Setiap lubang diisi 1-2 biji kacang tanah, lalu ditutup dengan tanah yang halus.

Pemeliharaan

Kacang tanah merupakan tanaman yang banyak membutuhkan air lebih banyak daripada jenis kacang lainnya. Lingkungan lembab diperlukan sejak saat tanam sampai dua minggu sebelum panen. 

Apalagi saat fase perkecambahan, pembungaan dan pengisian polong. jika tidak ada hujan, air irigasi sangat dianjurkan.

Pembersihan dari tanaman pengganggu harus rutin dilakukan, karena tanaman kacang tanah sangat sensitif terhadap persaingan, jenis gulma dan rerumputan sebaiknya dibersihkan.

Pemupukan memegang peran penting, karena pupuk mengandung hara yang dapat menambah kesuburan tanah dan memperbaiki nutrisi tanaman

Itulah informasi tentang cara budidaya kacang tanah agar panen melimpah, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Budidaya Kacang Tanah Agar Panen Melimpah"