Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Tauge dengan Mudah

Menanam Tauge dengan Mudah - Tauge merupakan salah satu sayur yang mempunyai harga murah dan mudah didapatkan. 

Cara Menanam Tauge dengan Mudah

Sayur ini bisa dikonsumsi dengan banyak menu masakan yang bisa menggunakan bahan ini. Selain itu, Mengkonsumsi tauge juga dapat memberikan manfaat kesehatan. 

Bagi yang ingin mendapatkan tauge tersebut bisa menanam tauge sendiri di rumah, karena cara penanamannya yang dikenal sangat mudah dan waktu panen cepat. 

Cara menanam tauge mempunyai lima langkah mudah yang bisa diikuti sendiri untuk menumbuhkan tauge di rumah.

Memilih Benih

Ketika akan menanam tauge, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih benih yang bagus. Untuk menghasilkan sayur tauge, benih yang digunakan adalah dari kacang hijau. 

Sehingga pastikan untuk memilih kacang hijau yang berkualitas dan bagus. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan membuang kacang hijau yang terlihat keriput, berlubang, dan mempunyai warna hitam. 

Sisakan benih yang mempunyai warna hijau dan tidak rusak. Tips mudah lainnya untuk mendapatkan kacang hijau yang bagus adalah dengan merendamnya dan buang biji yang mengapung. 

Anda bisa mendapatkan hasil tanaman tauge yang bagus ketika menggunakan biji kacang hijau yang terbaik.

Rendam Kacang Hijau

Setelah memilih biji kacang hijau yang bagus, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu. Sebelum menanamnya, akan lebih baik untuk merendam kacang hijau tersebut di dalam air selama semalaman. 

Hal ini akan bermanfaat untuk membuat kacang hijau aktif dan bisa dengan mudah tumbuh ketika ditanam. 

Ketika direndam semalaman juga membuat kacang yang akan membesar dan lebih empuk. Sehingga akan membantu penanaman yang lebih cepat dan menghasilkan tauge yang bagus.

Penyiraman

Setelah direndam semalaman bisa untuk ditiriskan terlebih dahulu. Setelah itu baru ditempatkan di wadah saringan yang akan membuat air bisa untuk terbuang setelah disiram. 

Pilih wadah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti pot kecil yang memang bisa digunakan untuk menanam di rumah termasuk juga menanam tauge. 

Selain pot, gunakan juga gelas plastik yang memberikan aliran untuk air agar dapat mudah keluar dari pot gelas plastik yang dipilih. 

Apabila kacang hijau sudah mulai pecah maka hal tersebut bisa sebagai tanda akan tumbuh. Oleh karena itu, perhatikan mengenai penyiramannya agar efektif. 

Jangan sering untuk menyirami biji kecambah tersebut dan cukup untuk menyirami 3-5 kali sehari. Apabila biji kacang hijau yang sudah pecah karena terendam air, maka akan membuatnya lebih mudah busuk dan tidak bisa tumbuh seperti yang diinginkan.

Pemilihan Lokasi

Untuk membuat penanaman tauge yang dilakukan di rumah dapat berhasil, Anda bisa untuk memilih tempat yang tepat agar tauge bisa tumbuh dengan baik. 

Seperti pastikan untuk memilih dan menaruh tanaman di tempat yang gelap. Pastikan tanaman tauge tidak terkena cahaya matahari secara langsung ataupun mendapatkan cahaya terlalu terang. 

Hal tersebut karena justru akan membuat kacang hijau menjadi lama tumbuh ataupun membuat kualitasnya tidak baik. 

Oleh karena itu, pilih tempat menaruh pot terbaik di bawah meja atau tempat lainnya yang minim cahaya.

Panen

Setelah memperhatikan berbagai hal seperti di atas, Anda bisa memanen tauge dengan waktu yang cepat. Waktu panen tauge sendiri sekitar 3-4 hari sehingga sangat cepat untuk menikmati hasil yang Anda inginkan. 

Waktu panen yang cepat tersebut juga dapat membuat lebih bersemangat untuk menanam tauge dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Itulah informasi tentang cara menanam tauge dengan mudah, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Post a Comment for "Cara Menanam Tauge dengan Mudah"