>

Proses Pertumbuhan Kewirausahaan

Proses Pertumbuhan Kewirausahaan
Hallo sahabat Agribisnis Agrokompleks, Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang Proses Pertumbuhan Kewirausahaan, mudah-mudahan isi postingan Artikel Kewirausahaan, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga


Proses Pertumbuhan Kewirausahaan - Proses pertumbuhan didorong faktor organisasi,yaitu adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha, adanya strategi yang mantap, adanya struktur dan budaya organisasi yang baik dan adanya produk yang menjadi unggulan. Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha terdiri dari :
Proses Pertumbuhan Kewirausahaan

Tahap Memulai 

Tahap ini dimana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala seuatu yang diperlukan,di awali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin,apakah membuka usaha baru atau melakukan franchising. 

Juga memilih usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri atau manufaktur, maupun produksi atau jasa.

Tahap Melaksanakan Usaha

Tahap ini seseorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya. Mencakup aspek-aspek : Pembiayaan, SDM, Kepemilikan, Organisasi, Kepemimpinan yang meliputi bagaimana pengambilan resiko dan mengambil keputusan pemasaran dan melakukan evaluasi.

Mempertahankan Usaha

Tahap ini dimana wirausahawan telah berhasil mendirikan usaha dan memperoleh hasil serta keuntungan yang baik. Maka  yang telah dicapai untuk ditindak lanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Mengembangkan Usaha

Tahap dimana jika hasil yang diperoleh tergolong psitif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha yang menjadi salah satu pilihan yang mungkin di ambil.

Ciri-Ciri Penting Tahap Permulaan Dan Pertumbuhan Kewirausahaan

Pada umumnya proses pertumbuhan kewirausahaan pada usaha kecil memiliki tiga ciri penting, yaitu : 

Proses Imitasi Dan Duplikasi (Imitating And Duplicating)

Pada tahap ini, para wirausahawan baru meniru ide-ide orang lain, misalnya meniru barang dan jasa yang sudah diproduksi oleh pengusaha lain sebelumnya. 

Bukan hanya barang/jasa yang ditiru, tapi juga teknik produksi, design, organisasi, dan jenis pemasarannya juga ditiru.

Proses Duplikasi Dan Pengembangan (Duplicating And Development)

Tahap kedua yakni duplikasi dan pengembangan, setiap wirausahawan mulai mengembangkan ide-idenya. Misalnya dengan produk duplikasi, dapat ditambahkan design sendiri, bentuk organisasi dan pemasarannya dikembangkan sendiri. 

Namun ada juga wirausahawan yang mengikuti model pemasaran orang lain atau mengikuti kemauan pedagang pengumpul, dengan keyakinan untuk mencapai keuntungan.

Proses Penciptaan (Creating)

Pada tahai ini wirausahawan, cenderung merasa perlu untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. 

Wirausahawan yang ada pada tahap ini, biasanya merasa produk-produk di pasaran sudah monoton dan membosankan, sehingga perlu ada nuansa baru untuk memberi alternatif atau ragam pilihan bagi konsumen. 

Ketidakpuasan yang dialami wirausahawan di tahap ini memacu wirausahawan untuk bisa menciptakan sesuatu yang lebih unggul lagi.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Proses Pertumbuhan Kewirausahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel