Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan Ikan Nila Alami dan Buatan Agar Cepat Besar

Pakan Ikan Nila Alami dan Buatan - Budidaya ikan nila merupakan salah 1 budidaya yg punya prospek yg bagus di Indonesia dikarenakan banyak sekali manfaat yg diperoleh terhadap jenis ikan yang satu ini.

Pakan Ikan Nila Alami dan Buatan Agar Cepat Besar

Dalam hal ini permintaan pasar untuk ikan nila tak pernah surut yang mengakibatkan banyak sekali orang melakukan budidaya ikan nila. Namun, Salah 1 kunci sukses dalam budidaya ikan nila ini merupakan pemilihan pakan ikan nila yg berkualitas.

Memilih pakan ikan nila yg tepat sangat mempengaruhi biaya & untung anda. Anda bakal menemukan jenis pakan nila mulai dari alami yg berbiaya nol sampai pelet yg dianggap mahal.

Kali ini kami akan memberikan informasi pakan ikan nila yang terbagi menjadi jadi dua macam yaitu pakan alami & buatan. Salah jenis pakan mampu berakibat fatal dikarenakan biaya produksi terbesar nila merupakan pakan.

Pakan Ikan Alami

Mengetahui pakan alami merupakan hal yang sangat penting untuk kalian yang memulai budidaya ikan nila karena pakan ikan alami mampu menekan biaya produksi anda.

Bayangkan, pakan alami bila habis bakal tumbuh lagi, tak harus keluarkan biaya yang berlebih. Bagi pembudidaya ikan, pakan merupakan biaya produksi terbesar. Oleh karena itu mengetahui pakan alami merupakan solusi untuk anda.

Namun, kalian juga harus mengetahui pakan alami saja kurang cukup buat ikan nila karena dapat mengakibatkan kondisi kolam menjadi sangat kotor, misal banyak tumbuhan terhadap kolam yang bakal mengundang hama & penyakit ikan.

Sebagai pembudidaya ikan anda sebaiknya menambahkan pakan tambahan / pelet dengan kadar protein rendah (20-25%). Hal ini terbukti mempercepat pertumbuhan ikan nila.

Di sisi lain, pakan pelet termasuk menghasilkan efek samping. Selain harganya yg relatif mahal, pakan pelet termasuk menghasilkan endapan yg kotor.

Oleh sebab itu, berikut kami akan memberikan informasi menarik untuk anda tentang pakan alami buat ikan nila agar cepat besar.

Plankton & Fitoplankton

Di awal budidaya ikan nila anda harus membuat kolam terlebih dahulu. Nah sementara tahap pembuatan kolam, pastikan kolamnya bersih terhadap sampah lalu beri pupuk & siram dengan air.

Ini bertujuan agar dikolam anda akan tumbuh plankton, fitoplankton & jenis alinnya yang bisa jadi pakan alami untuk ikan nila. Untuk kadar proteinnya sendiri diantara 21-37 %.

Tanaman Azolla

Azolla merupakan tanaman paku air berwarna hijau yg terapung di air. Ukurannya sekitar 1-4 cm dan bentuk daunnya segitiga / kotak. Tanaman jenis ini cepat sekali berkembang & banyak ditemukan di kolam / sawah.

Tanaman azola mempunyai kadar protein yg tinggi yakni 31 %. Kadar protein inilah yg mengakibatkan tanaman azolla menjadi rame peminat terhadap kalangan petani ikan nila sebagai pakan organik.

Untuk pemberian tanaman azolla ini mampu disajikan dalam bentuk kering maupun basah yang bisa tinggal ditaruh di atas kolam nila.

Namun, yg paling bagus merupakan dalam kondisi kering. Hal ini dikarenakan pemberian azolla basah mengandung sangat banyak air yang membuat ikan nila cepat kenyang tapi kurus.

Tanaman Lemna

Tnaman Lemna merupakan tanaman kecil hijau yg hidup di air dan mengandung protein 10-45 %. Belakangan tumbuhan ini membuat jadi primadona dikalangan petani ikan nila.

Untuk pemberian pakan tanaman Lemna sendiri diberikan ke nila dalam kondisi basah maupun kering. Untuk menhasilkan lemna kering 1 KG diperlukan lemna basah 12 kg. Jika anda ingin mmencoba, anda mampu membeli lemna kering secara online dan harganya sekitar 50.000 per kg.

Tanaman Wolffia

Tanaman berbunga ini disebut mampu diberikan sebagai pakan mulai dari tahap pembenihan ikan nila. Perlu anda tahu, sementara tetap benih ikan nila tak mampu memakan lemna untuk itu tanaman wolffia ini bisadijadikan pakan alami untuk pembenihan.

Sama layaknya tanaman lemna, sebaiknya tumbuhan ini dikembangbiakan terpisah agar tak mengganggu sinar matahari masuk kolam nila.

Daun Talas

Pemberian daun talas memang bertujuan buat mengurangi biaya makan pelet. Menurut bermacam-macam sumber, daun ini cukup baik buat menambah bobot ikan nila. Selain itu pohon talas termasuk gampang ditanam & tak memerlukan perawatan khusus.

Pemberian pakan ini harus dipotong kecil kecil terlebih dulu dan jangan berlebihan memberikan daun talas, karena daun yg tak termakan akan membusuk mampu memberikan masalah tersendiri.

Daun ini biasanya ditanam petani disekitar kolam karena pohon talas mampu hidup terhadap daerah lembab. Jika tak ingin disekitar kolam maka anda mampu mengkondisikannya terlebih dahulu.

Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung yg disukai kelinci ini ternyata termasuk bisa untuk pakan ikan nila. Sebagai saran, daripada membeli dipasar anda bisa tanam kangkung sendiri karena kangkung dipasar bisa jadi banyak pupuknya & disemprot bermacam-macam macam bahan kimia.

Daun Singkong

Daun singkong mampu anda berikan buat ikan nila. Nah anda mampu memberikannya dengan cara langsung, dicampur bersama tepung ikan / difermentasi terlebih dahulu. Fermentasi daun singkong banyak dilakukan agar mampu menghasilkan FCR (Food conversion Ratio) yg bagus.

Lumut

Ikan nila merupakan omnivora yg mampu memakan tumbuhan kecil yg ada disungai, termasuk lumut. Memberikan lumut mampu membuat jadi alternatif tersendiri buat ikan nila.

Sisa Sayuran

Maksudnya sisa sayuran disini adalah sayuran yang sudah layu. Bisa sayuran diwarung warung yg tak dimasak. Anda harus ingat yaaa.. kalau sayur yang diberikan adalah sayur mentah bukan sayur matang.

Ampas Kelapa

Ampas kelapa sisa santan biasanya dibuang begitu saja. Nah bagi pembudidaya ikan nila, ampas ini merupakan barang berharga yg mampu digunakan untuk menghemat dan dijadikan pakan nila. Pemberiannya mampu langsung, dan bisa dicampur dedak / tepung ikan.

Dedak

Dedak ini merupakan hasil gilingan terhadap sisa padi dan warnanya kecoklatan & baunya khas serta biasanya dedak ini digunakan buat campuran pakan lainnya.

Sisa Nasi

Sisa nasi juga bisa dijadikan alternatif pakan ikan nila, daripada terbuang mending dijadikan buat pakan ikan nila. Mau diberikan langsung / dikeringkan dulu boleh saja, anda bisa mencoba mana yg disukai ikan nila anda.

Sisa Roti

Pernahkan anda membeli roti di warung? Anda bisa memperhatikan tanggal kadaluwarsanya, meskipun roti baru, pasti tanggal kadaluwarsanya sebentar. Memang jenis rotinya tanggal kadaluarsanya hanya sebentar. Nah, sisa roti yg kadaluwarsa bisa anda beli dengan harga sangat murah buat pakan ikan nila.

Maggot

Maggot ini terkesan menjijikkan karena bentuknya yg kecil berwarna kecoklatan melambangkan seolah maggot merupakan pemakan buah busuk dan maggot merupakan bentuk larva terhadap serangga black soldier fly.

Belakangan maggot telah digunakan buat pakan ikan nila dan kadar proteinnya lumayan tinggi yakin 45% sehingga banyak yang menjadikan maggot menjadi pakan alternatif.

Pakan Nila Buatan

Pakan buatan merupakan pakan yg disusun berdasarkan formulasi tertentu yg ditujukan buat pakan dengan kandungan nutrisi & harga yg dibutuhkan.

Anda mampu membuat pakan nila buatan sendiri / membeli di toko terdekat. Nah, berikut kami rekomendasikan pakan buatan untuk ikan nila dan cara membuatnya.

Tepung Cacing

Anda mampu membuat tepung cacing sendiri. Dengan cara memisahkan cacing segar terlebih dahulu kemudian mencuci cacing tersebut sampai bersih, dan membilas lalu menimbangnya.

Setelah itu kalian jemur cacing dibawah terikmatahari (mampu diatas seng agar cepat & hasil bagus) selama 24 jam dan cacing yg telah kering kemudian dibikin tepung bersama penggiling tepung, bila tak punya silahkan menumbuk sampai halus.

Tepung Bekicot

Untuk pembuatan tepung bekicot anda membersihkan bekicotnya terlebih dahulu dan direbus lalu keluarkan isinya saja. Setelah itu, anda jemur sampai kering dan diiris kecil-kecil untuk dibuat jadi tepung.

Tepung Ikan Rucah

Untuk cara membuat tepung ikan rucah yaitu dengan membersihkan ikan rucah terlebih dahulu dan merebus ikan rucah tadi. Setelah itu, kalian jemur ikan yg telah matang dan mengubah ikan jadi tepung.

Pelet

Pelet merupakan pakan ikan yg banyak dipakai untuk pembudidaya ikan. Selain mengenyangkan pelet termasuk dianggap sebagai asupan gizi yang tinggi. Kelebihan pelet merupakan gizinya banyak namun kekurangannya tentu saja harganya mahal. 

Meski demikian anda mampu mengakibatkan pelet sendiri dirumah. Bentuknya kecil layaknya pil dan umumnya warna kecoklatan. Untuk bahannya merupakan campuran bahan nabati & hewani.

Post a Comment for "Pakan Ikan Nila Alami dan Buatan Agar Cepat Besar"